Bagikan:

JAKARTA - Seorang pria tertangkap mencoba menyelundupkan lebih dari 100 ular hidup ke daratan China dengan menjejalkannya ke dalam celananya, menurut otoritas bea cukai negara itu.

Pria tersebut dicegat oleh petugas bea cukai di Kota Shenzhen, China selatan, saat bepergian melalui Pelabuhan Futian, pos pemeriksaan antara Hong Kong dan China daratan, kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan pada Hari Selasa.

Selama pemeriksaan, petugas menemukan enam tas serut kanvas yang disegel dengan selotip di saku celananya.

"Petugas membuka tas-tas tersebut dan menemukan setiap tas berisi sejumlah ular hidup dalam berbagai bentuk dan warna," kata pernyataan itu, melansir CNN 10 Juli.

"Setelah menghitung, total 104 ular ditemukan," lanjut pernyataan itu.

Lima spesies ular kemudian berhasil diidentifikasi petugas, yakni ular susu, ular hognose barat, ular jagung, ular tikus Texas dan ular banteng. Empat di antaranya bukan asli China. Namun, tidak satu pun spesies itu berbisa.

Pernyataan itu mengatakan insiden itu terjadi "beberapa hari lalu," tetapi tidak menyebutkan kapan tanggal pastinya.

Pihak bea cukai tidak mengatakan apakah pria itu ditahan, tetapi memperingatkan "jika peraturan dilanggar, bea cukai akan menuntut pertanggungjawaban hukum sesuai dengan hukum."

Sebelumnya, seorang pria lain ditangkap karena mencoba menyelundupkan 454 kura-kura yang terancam punah dari Makau ke daratan Tiongkok pada Bulan Juni.