Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan bantuan militer baru untuk ukraina senilai 225 juta dolar AS (Rp3.624.075.000.000), saat menerima Presiden Volodymyr Zelensky Hari Kamis.

Termasuk paket dalam bantuan militer kali ini antara lain, baterai rudal Patriot, amunisi untuk Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Canggih Nasional (NASAMS); rudal antipesawat Stinger; amunisi untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) serta peluru artileri 155 milimeter dan 105 milimeter, dikutip dari VOA 12 Juli.

"Kami menghargai keputusan Presiden AS Joseph Biden untuk memperkuat pertahanan udara kami," cuit Presiden Zelensky media sosial X miliknya.

"Terima kasih kepada Presiden Biden, tim, pemerintahan, Kongres, kedua partai, kedua majelis dan seluruh rakyat Amerika atas dukungan penting bagi rakyat Ukraina. Bersama-sama kita menyelamatkan nyawa rakyat kita," lanjutnya.

Sistem pertahanan udara Patriot, yang kedua yang diberikan AS kepada Ukraina, adalah salah satu dari beberapa yang diumumkan Presiden Biden minggu ini di KTT NATO dan merupakan bagian dari gelombang janji untuk memberikan senjata kepada Ukraina guna membantunya menangkis serangan Rusia, termasuk satu serangan minggu ini yang menghantam rumah sakit anak-anak di Kyiv, dikutip dari AP.

Akhir bulan lalu, Presiden Zelensky memohon tambahan sistem Patriot buatan AS, dengan alasan itu akan membantu pasukannya melawan hampir 3.000 bom yang menurutnya diluncurkan Rusia ke negara itu setiap bulan.