Bagikan:

JAKARTA - Macam-macam memang modus pelaku kejahatan lari dari jeratan hukum. Di India, pelaku kasus penipuan usia 24 tahun sampai make up total sulap wajahnya biar jadi lanjut usia (lansia) demi bisa kabur ke luar negeri.

Mengutip Indianexpress, Rabu 3 Juli, Guru Sevak Singh, nama panjang pelaku penipuan itu menyamar jadi Rashvinder Singh Sahota berusia 67 tahun agar cocok dengan paspor palsu yang dipakainya.

Namun, gerak-geriknya yang mencurigakan saat di Bandara Indira Gandhi International (IGI) New Delhi, membuat penyamarannya terungkap petugas Imigrasi pada 19 Juni. Pelaku gagal kabur ke Kanada.

Istri pelaku, Archana Kaur, yang juga menyamar menjadi lansia sempat melarikan diri. Namun, kaburnya tidak jauh tertangkap di dekat tempat di mana identitas aslinya terungkap.

Polisi mengatakan, pelaku dan istrinya adalah penduduk Lucknow. Keduanya menginap di sebuah hotel di Mahipalpur selama sepekan demi mematangkan rencana ini.

Menurut pengakuan pelaku, upayanya hendak kabur ke luar negeri dibantu oleh agen ilegal bernama Jagjeet Singh alias Jaggi. Kontak agen ini diperolehnya dari seorang teman.

Jaggi kemudian mengatur pelaku untuk bisa ke Kanada dengan memakai paspor palsu. Agen juga yang membawa pelaku dan istrinya ke salon guna menyulap wajah dan penampilan agar seperti pasangan lansia.

Saat tertangkap, pelaku dan sang istri berada di antrean Imigrasi Keberangkatan Bandara IGI. Pelaku memakai sorban putih, berjanggut putih dengan make up menyerupai lansia.