Bagikan:

JAKARTA - Serangan pesawat tak berawak Ukraina menyebabkan kebakaran di depo minyak untuk pipa Druzhba Rusia di wilayah Tambov tenggara Moskow, Rusia. Api berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian.

Gubernur Daerah Maksim Yegorov melaporkan kebakaran di depo minyak tidak menimbulkan korban luka, dilansir Reuters, Jumat, 28 Juni.

Ukraina meningkatkan serangan terhadap tempat penampung/reservoir minyak Rusia, setelah sebelumnya menyerang sejumlah kilang dalam serangan yang menyebabkan gangguan signifikan.

Serangan itu ditujukan pada infrastruktur yang mendukung upaya perang Moskow. Sedangkan Rusia sebelumnya sering menyerang pembangkit listrik Ukraina.

Pipa Druzhba merupakan salah satu bagian terbesar dari sistem monopoli pipa Rusia Transneft. Jalur ini dimulai di Rusia tengah dan menghubungkan ladang minyak Siberia Barat dengan kilang-kilang minyak besar di Eropa.

Druzhba mampu memasok 2 juta barel per hari tetapi alirannya menurun tajam setelah Uni Eropa berhenti membeli minyak Rusia menyusul invasi Rusia ke Ukraina.