Bagikan:

TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mendukung penerapan inovasi teknologi pada sektor pertanian. Dukungan diberikan untuk mewujudkan kemandirian pangan serta meningkatkan produktivitas petani.

“(Jadi dapat) membuat pupuk yang berasal dari limbah pertanian dan pupuk dari area sekitar pertanian. Teknologi juga memungkinkan petani untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mengurangi kerugian hasil panen, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian,” kata Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony dalam keterangannya, Selasa, 25 Juni.

Andi menilai sistem ini akan terus diberdayakan dan dikembangkan secara mandiri untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

“Kemungkinan di tahun-tahun berikutnya akan kita sebarluaskan lagi baik peserta maupun hasil teknologi pertanian yang ada untuk kemajuan petani,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika mengatakan, dengan adanya invoasi pertanian memacu terciptanya platform pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan ide berbagai pihak yang terlibat dalam sektor pertanian. Termasuk petani, akademisi, perusahaan teknologi, pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat.

"Inovasi teknologi pertanian tepat guna ini juga dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang teknologi pertanian yang tepat guna kepada petani, sehingga mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam mengelola usaha pertanian dengan lebih efisien," tutupnya.