Bagikan:

JAKARTA - Waspada postingan iPhone Murah Rp4.999.999 yang diselipkan penipu di Instagram. Komplotan ini lebih dulu mengambil alih alias meretas akun Instagram yang sudah ternama, lalu menyematkan postingan penipuan.

Kejadian ini dialami akun Instagram PO Harapan Jaya @ptharapanjayaprima dan akun Instagram makanan @pempek_koyek yang berada di Palembang, Sumatera Selatan.

Akun IG Harapan Jaya @ptharapanjayaprima dibajak pada Jumat, 14 Juni pagi. Sedangkan akun Instagram pempek_koyek dibajak hari Selasa, 18 Juni. Pelakunya sama.

Setelah mengambil alih kendali alias meretas akun Instagram, pelaku seolah-olah mengadakan promo iPhone 14 Pro Max dengan dalih sebagai apresiasi terhadap pengikut/followers. Postingan ini sengaja disematkan dalam feed Instagram.

Sementara kolom komentar juga 'dibatasi' sehingga para peminat yang tergiur iPhone murah penipuan ini tak bisa berinteraksi.

Peminat yang berniat tebus iPhone murah lantas diharuskan berkomunikasi dengan nomor WhatsApp 0856-9628-2084. Nomor ini pun tertera di bio Instagram Harapan Jaya dan pempek_koyek saat masih dalam kendali penipu.

Belakangan PO Harapan Jaya dan pemilik bisnis makanan pempek_koyek sama-sama menggunakan akun Instagram baru lantaran akun lamanya sudah diambil alih komplotan penjahat.

Komplotan penipu ini meminta agar peminat iPhone murah mengikuti syarat yang tertera dalam postingan penipuan. Selain diminta menyukai minimal 3 unggahan di akun Instagram yang dibajak, peminat harus menyelesaikan urusan terkait adminstrasi lewat nomor WhatsApp 0856-9628-2084 milik penipu.

Nantinya korban yang terarik iPhone murah diminta mengirimkan uang ke rekening milik komplotan penipu. Setelah uang ditransfer, pelaku memblokir nomor WhatsApp korban.