Bagikan:

JAKARTA - Anies Baswedan telah menerima dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta untuk diusung sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Anies berharap partai politik lain bisa ikut merapat untuk mendukungnya.

"Amanah ini adalah amanah bersar tapi insyallah bukan amanah yang berat dan perjalanan harus dilalui bersama. PKB DKI Jakarta yang mendobrak, PKB Jakarta yang menerobos, PKB Jakarta yang memulai. Mudah-mudahan akan ada yang gabung bersama di dalam perubahan ini," kata Anies di kantor DPW PKB DKI Jakarta, Jakarta Timur, Kamis, 13 Juni.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai, prioritas utama dalam persiapan pencalonan, setelah didukung PKB Jakarta maju sebagai calon gubernur, adalah mencari koalisi partai.

Sebab, PKB harus mencari koalisi parpol yang bisa memenuhi ambang batas pencalonan dari jumlah kursi DPRD yakni minimal 22 kursi di Jakarta perolehan suara Pileg 2024. Sementara, perolehan kursi PKB di Pileg DPRD DKI 2024 hanya 10 kursi.

"Sekarang ini, kita memikirkan bagaimana agar PKB tidak sendirian, tetapi bisa bersama-sama dengan partai yang lain karena tidak mungkin sendirian, bukan?" ungkap Anies.

Di satu sisi, Anies Anies mengaku sejumlah pengurus partai tingkat provinsi selain PKB telah mendatanginya untuk membahas peluang pengusungan, di antaranya PKS, PDIP, dan Partai NasDem.

Namun, baru PKB DKI Jakarta yang sudah secara resmi mengumumkan dukungannya kepada Anies. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap partai lain segera mengusungnya agar koalisi bisa terbentuk sebelum masa pencalonan ke KPU.

Pada Rabu, 12 Juni lalu, DPW PKB DKI Jakarta mengumumkan dukungan kepada Anies untuk diusung sebagai cagub DKI Jakarta. Hal ini diungkapkan Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas usai membacakan deklarasi dukungan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta tersbeut.

"Kita akan berikan ke Pak Anies Baswedan untuk bekerja ke bawah, turun ke masyarakat mensosialisasikan bahwa beliau mencalonkan gubernur dari PKB," ungkal Hasbi, Rabu, 12 Juni.

Hasbi meyakini ketua umumnya, Muhaimin Iskandar termasuk jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB merestui usulan tersebut.

"Insyaallah PKB, dari DPP sampai ranting solid. Insyaallah partai kita itu partai yang sangat menjunjung demokrasi dan dpp itu selalu mengikuti aspirasi dari bawah. Yang penting untuk kepentingan masyarakat," tuturnya.

Hasbi juga menegaskan keputusan untuk mendukung Anies tidak akan berubah sampai masa pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).