Bagikan:

JAKARTA - Komplotan penjahat modus hipnotis dan mengaku 'ustaz sakti' beraksi di kawasan Jakarta Selatan. Polisi kini memburu keberadaannya para pelaku.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan aksi komplotan terjadi pada 23 Mei 2024. Perempuan berinisial EV menjadi korban.

"Ini sedang dicari dan dikejar oleh Polres Metro Jakarta Selatan. Diduga (pelaku) namanya Erick Donovan alias ABI," ucap Ade kepada wartawan, Senin, 10 Juni.

Dalam melancarkan aksinya, bermula saat pelaku utama yakni Erick Donovan alias ABI bersama rekannya mendatangi EV yang saat itu berada di pinggi jalan di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Mereka berpura-pura menanyakan alamat salah satu perusahaan. Saat korban menujukan arah, datang rekan dari Erick Donovan alias ABI.

"Kemudian datang temannya satu lagi, karena mereka ini berdua, mencoba meyakinkan korban bahwa mereka berdua ini, salah satunya adalah ustaz," sebutnya.

"Mengaku bisa mengetahui masa depan korban atau banyak hal detail yang dia ketahui," sambung Ade.

Erick Donovan alias ABI lantas memberikan batu keberuntungan, dengan syarat korban mesti menyerahkan ponselnya.

Tak hanya itu, korban juga diminta untuk membawa batu itu ke musholah terdekat. Tanpa perlawanan, perintah itupun diikuti korban.

"Akhirnya korban membawa batu itu ke musholah. Saat kembali, pelaku dan temannya sudah tidak ada dan handphone korban hilang," kata Ade.