Bagikan:

JAKARTA - Pejabat senior Hamas mendesak Amerika Serikat (AS) untuk menekan Israel agar mengakhiri perang di Gaza, menjelang rencana kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke wilayah tersebut untuk mendorong upaya gencatan senjata.

Blinken dijadwalkan mengunjungi Mesir dan Israel pada Senin, 10 Juni. Dia juga bertujuan untuk memastikan perang tidak meluas ke Lebanon.

“Kami menyerukan kepada pemerintah AS untuk memberikan tekanan untuk menghentikan perang di Gaza dan Hamas siap untuk menangani secara positif setiap inisiatif yang bisa mengakhiri perang,” kata pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri dilansir Reuters, Senin, 10 Juni.

Dalam safari Timur Tengah, Blinken juga dijadwalkan melakukan perjalanan ke Yordania dan Qatar pada minggu ini.

Menlu AS dijadwalkan bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di Kairo sebelum melakukan perjalanan ke Israel pada Senin, 10 Juni, malam, di mana dia akan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant, menurut jadwal Departemen Luar Negeri.

Sementara itu, pada Senin, 9 Juni, penduduk Palestina mengatakan tank-tank Israel telah bergerak lebih jauh ke arah utara melewati Shaboura, salah satu lingkungan kubu militan dan terpadat di jantung kota.

Pasukan tank Israel sejak itu telah merebut seluruh jalur perbatasan Gaza dengan Mesir yang membentang melalui Rafah hingga pantai Mediterania dan menyerbu banyak distrik di kota berpenduduk 280.000 jiwa, menyebabkan sekitar satu juta pengungsi yang selama ini berlindung di Rafah mengungsi ke tempat lain.