Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memuji protes pro-Palestina yang dilakukan oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat.

"Para mahasiswa di Amerika Serikat yang terhormat, Anda berdiri di sisi yang benar dalam sejarah," tulis Khamenei di media sosial X, seperti dikutip 30 Mei.

"Kalian sekarang telah membentuk sebuah cabang Front Perlawanan dan telah memulai sebuah perjuangan yang terhormat dalam menghadapi tekanan kejam pemerintah kalian, yang secara terbuka mendukung Zionis," lanjutnya.

Khamenei menulis surat terbuka kepada para pelajar di AS, memuji upaya mereka untuk "membela perempuan dan anak-anak Gaza yang tertindas," menurut outlet berita pemerintah Iran, IRNA seperti dikutip dari CNN.

Sebelumnya, Khamenei juga memuji dukungan dari berbagai belahan dunia terhadap Palestina. Saat menerima Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh di sela-sela pemakaman Presiden Ebrahim Raisi pekan lalu, Ia mengatakan tidak ada yang menyangka suatu saat mahasiswa Amerika Serikat akan bernyanyi mendukung Palestina dan mengibarkan benderanya.

Diketahui, universitas-universitas di Amerika Serikat diguncang oleh demonstrasi pro-Palestina pada Bulan April, memicu bentrokan kampus dengan polisi dan penangkapan puluhan orang, dikutip dari Arab News.

Demonstrasi dimulai di Universitas Columbia di New York dan kemudian menyebar ke seluruh Negeri Paman Sam, Eropa dan tempat lain.