Bagikan:

JAKARTA - Ketua Desk Pilkada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ahmad Iman Sukri menyebut partainya belum menentukan pilihan siapa tokoh yang akan diusung dalam Pilgub 2024 di Sumatera Utara (Sumut).

Namun, PKB tengah menjalin komunikasi dengan dua kandidat calon Gubernur Sumut yang belakangan sedang bergerilya mencari dukungan ke sejumlah partai.

"Sejauh ini komunikasi ke PKB baru dua, yaitu Pak Bobby dan Edy Rahmayadi," kata Iman di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei.

Saat ini, Edy yang merupakan mantan Gubernur Sumut telah mengambil formulir pendaftaran bakal cagub ke empat partai, yakni PKB, PKS, Demokrat, dan PDIP.

Sementara, Bobby juga telah mengambil formulir pendaftaran ke Partai Gerindra, PAN, Demokrat, PKB, Perindo, PPP, Hanura, NasDem, dan PKS.

PKB, menurut Iman, masih mempertimbangkan dengan matang sebelum memberikan rekomendasi kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk diusung di Pilkada 2024.

Rekomendasi untuk mengusung bacakada tingkat provinsi ini ditargetkan dikeluarkan paling lambat akhir Juli 2024.

"Jadi, gubernur ini last minute, lah. Karena ini penting kan, pemetaanya, diskusinya, ini penting melibatkan ketua umum dan lintas partai," urai Iman.

Kini, PKB telah mengeluarkan rekomendasi kepada 65 bakal calon bupati dan wali kota untuk mempersiapkan diri sebelum diusung di pilkada.

Puluhan bacakada ini telah lulus uji kelayakan dan kepatutan (UKK) dari 288 orang yang mendaftar ke PKB. Dari 65 bakacada yang sudah mendapatkan rekomendasi, 16 di antaranya adalah berasal dari kader internal PKB.