Giliran Menaker Ida Fauziyah Bertandang ke Solo, Temani Mas Gibran Resmikan Talent Corner
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Surakarta.go.id)

Bagikan:

SOLO - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah bertandang ke Solo meresmikan Talent Corner usai membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Balai Latihan Kerja (BLK) Surakarta. Peresmian ini juga dihadiri Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. 

Menurut Menaker Ida, pandemi COVID-19 di Indonesia telah memukul lapangan pekerjaan di Indonesia. Angka pengangguran menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) naik signifikan.

"Pada bulan Agustus 2020 jumlah pengangguran mencapai 9,7 juta orang dengan TPT (tingkat pengangguran terbuka) sebesar 7 persen, ada kenaikan 1,84 persen dibanding tahun sebelumnya," katanya pada pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahun Angkatan 2021 di BLK Surakarta, dikutip dari Antara, Rabu 10 Maret.

Masih dari data BPS, angka penggangguran untuk Jawa Tengah di bulan Agustus 2020 menunjukkan ada 1,21 juta orang. Angka ini naik sebesar 396.000 orang dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ada kenaikan tingkat pengangguran cukup besar yaitu 2,04 persen dibanding tahun sebelumnya dan diperkirakan ada sekitar 3,97 jutaorang penduduk usia kerja yang terdampak pandemi di Provinsi Jawa Tengah,"

“Mau tidak mau harus ada perubahan dari BLK secara signifikan. Peluang usaha harus dibaca dengan baik dengan menyediakan pelatihan yang sesuai keadaan dan kebutuhan,” tambah Menaker Ida.

Dengan angka pengangguran ini, Gibran beharap pelatihan mampu memberikan output Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa menciptakan lapangan kerja baru dengan skill atau keterampilan yang mumpuni. 

“Pengangguran yang semakin meningkat bahkan banyak usaha yang tutup atau bangkrut, PBK dan Inovation Room ini sangat menjanjikan dan berprospek bagus,” tegas Gibran. 

Dalam kesempatan pembukaan pelatihan dan peresmian fasilitas baru tersebut, Menaker Ida dan Walikota Gibran melihat dari dekat semua worshop dan fasilitas di BLK Surakarta.