<i>Groundbreaking</i> Masjid Agung Surakarta, Putra Jokowi Gibran Rakabuming Undang Menteri Erick dan Menag Yaqut Cholil
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Surakarta.go.id)

Bagikan:

JAKARTA -  Desain Masjid Agung Surakarta (The Surakarta Grand Mosque) akan menyerupai Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi. Masjid ini akan dibangun di atas lahan seluas 2,9 hektar di tanah bekas depo Pertamina, Jl. Ahmad Yani No. 191, Gilingan, Banjarsari, Kota Surakarta.

Peletakan batu pertama (Goundbreaking) akan digelar pada Sabtu, 6 Maret besok dan rencananya dihadiri beberapa menteri seperti Menteri BUMN Erick Thohir mewakili Menko Luhut, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Energi dan Infrastruktur UEA dan jajaran perangkat daerah. 

Jumat, 5 Maret hari ini Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menggelar audiensi dengan biro desain dan konsultasi independen, PT Arkonin yang merancang Masjid Agung Surakarta.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menyambut baik 3 perwakilan Abu Dhabi (UAE) Mohamad Ali Rasid beserta rekan yang turut hadir dalam pertemuan itu.

“Terima kasih atas kedatangan bapak-bapak dari Abu Dhabi dan PT Arkonin. Saya berharap masjid yang akan dibangun nanti  memperkuat hubungan yang selama ini terjalin dengan baik antara Indonesia dan Uni Emirat Arab,” urai Gibran dilansir website surakarta.go.id, Jumat, 5 Maret.

Sementara itu, Nur perwakilan dari PT Arkonin, mengatakan, untuk persiapan sudah dilakukan dengan land clearing untuk peletakan batu pertama pembangunan masjid yang berkapasitas 10 ribu jamaah, Sabtu, 6 Maret. 

“Masjid kami rancang agak miring dengan mengarah pada kiblat. Sebelah timur akan ada bulevar. Di sisi depan kita buat air mancur dikombinasikan dengan pohon lokal Kota Solo. Lahan parkir di samping sehingga tidak mengganggu tampak depan,” jelasnya.

Masjid Agung di Kota Surakarta nantinya mampu menampung 10 ribu jemaah. Sedangkan Masjid di Abu Dhabi dapat menampung 40 ribu jemaah. Namun kubah utama tetap ada 3 seperti masjid aslinya.

Selain untuk tempat ibadah, masjid tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata religi. Bentuk masjid yang indah juga dilengkapi penataan lighting yang sangat menawan dan material berkualitas di antaranya memakai kuningan dan tembaga berkualitas dari Jawa Tengah.

Sementara perwakilan Abu Dhabi mengapresiasi atas sambutan dan pelayanan yang ramah dari Walikota Surakarta dan warganya.

“Kami berharap hal ini dapar mempererat hubungan dua negara. Terima kasih atas penghargaannya dengan disambut baiknya pembangunan masjid dari kami. Berharap untuk masa depan persahabatan semakin erat. Kami sangat senang melakukan perjalanan ke Solo,” ujarnya.