Momen Haru Blusukan Gibran 'Jokowi' Rakabuming di Rutan Surakarta , Didoakan Napi 'Sehat-Sehat Ya Pak <i>Nggih</i>'
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: tangkapan layar instagram Gibran @gibran_rakabuming)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan kunjungan perdana ke Rutan Klas I A Surakarta yang terletak di Slamet Riyadi St No.18, Kampung Baru, Pasar Kliwon, Selasa, 9 Maret.

Dalam kunjungan ini putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mendengarkan penjelasan dari salah satu petugas lapas soal renovasi beberapa gedung. Selain itu, dijelaskan juga fasilitas video call yang diperuntukan bagi tahanan. 

"Ada layanan video call sebagai pengganti kunjungan langsung," kata petugas lapas dilansir dari kanal Youtube berita surakarta.

Di satu momen, Gibran menghampiri beberapa napi yang ingin melihatnya langsung. Dia menyapa hingga meminta para napi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker.

Saat berbalik dan hendak pergi, tiba-tiba ada suara dari napi mendoakan Gibran. "Sehat-sehat ya Pak," kata salah satu penghuni lapas. "Iya, jangan lupa pakai masker," balas Gibran.

Gibran lalu menelusuri beberapa gedung yang di dalamnya ada dengan fasilitas mesin jahit hingga sablonan baju. Terakhir, Gibran melihat kerajinan kayu dengan berbagai bentuk. Ada bentuk kapal hingga plat nama.

Tanpa disadari, salah satu replika kapal diberikan oleh si pengerajin kepada Gibran. Ini merupakan kenang-kenangan untuknya.

Kunjungan Gibran ini untuk bersilaturahmi sekaligus mempererat Sinergitas antara Pemkot Solo dengan Rutan Klas I A Surakarta. Dia memberikan apresiasi atas pembinaan yang dilakukan petugas rutan.

"Di dalam kita lihat alat produksi alat jahit, alat sablon, kerajinan juga luar biasa sekali pembinaan ini. Ke depan bisa ditingkatka. PR (Pekerjaan rumah) ya tadi kapasitas, overkapasitas. Ini nanti kita bicarakan lebih detail lagi," terang Gibran. 

Jumlah warga binaan Rutan kelas I Solo ada sebanyak 535 orang. Sedangkan kapasitasnya sendiri hanya 289 orang.