Anggota DPRD F-PKS Kritik Pemkot Surabaya yang Kini Dipimpin Eri Cahyadi Tak Serius Tangani Banjir
ILUSTRASI/ Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengecek gorong-gorong tangani genangan (DOK. Pemkot Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Aning Rahmawati menilai anggaran banjir di Pemkot belum berpihak kepada warga. Meski APBD Surabaya cukup besar, penanganan banjir belum juga tuntas.

"Ini menunjukkan belum adanya intervensi yang serius oleh Pemkot Surabaya dalam menanggulangi banjir," kata Aning dikutip Antara, Selasa, 9 Maret.

Menurut Aning, jika ditelusuri secara detail, Pemkot Surabaya ternyata masih mendasarkan penanganan banjir pada Surabaya Drainage Master Plan (SDMP). Sedangkan SDMP punya batasan atau ruang lingkup tertentu terkait dengan perencanaan drainase Kota Surabaya

"Adanya keterbatasan anggaran menjadi faktor utama batasan atau ruang lingkup kajian tersebut," kata Aning.

Aning berharap perencanaan penanganan banjir yang belum tercakup dalam SDMP bisa di detailkan dalam Sistem Drainase Jaringan Tersier (SDJT) dan Sistem Drainase Lingkungan Pemukiman (SDLP). Pada kenyataannya SDJT masih banyak yang belum dibuat kajiannya oleh pemkot, apalagi SDLP.

"SDLP ini mengkaji secara riil penanggulangan banjir di perumahan, perkampungan, sekaligus koneksinya dengan saluran kota. Inilah kunci kenapa banjir di lingkungan pemukiman warga tidak makin kecil, tapi makin melebar," kata perempuan lulusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini.

Selain itu, kata dia, faktor lain yang ternyata berpengaruh besar pada banjir dan berkembang sangat cepat, yaitu pembangunan dan alih fungsi lahan di Kota Surabaya.

Menurutnya, rekomendasi dari SDMP-SDJT-SDLP yang harusnya dikerjakan menjadi tidak relevan dalam proses pembangunan karena adanya perubahan atau alih fungsi lahan.

Tentunya hal ini berhubungan dengan keterkaitan antara rekom drainase untuk diterbitkannya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) belum mampu menjawab tantangan terakomodirnya kapasitas debit saluran.

Karena itu, pihaknya merekomendasikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Surabaya agar setiap pembangunan drainase harus betul-betul bisa membuat tampungan dengan kapasitas yang memenuhi dengan periode ulang yang sesuai.

Untuk mengatur itu, Aning mengatakan perlu adanya Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Banjir. Perda tersebut untuk mengatur alih fungsi lahan oleh pengusaha/pengembang maupun masyarakat terkait dengan pembangunan.

Selain itu, Perda ini menurutnya juga bisa membuat regulasi yang lebih inovatif untuk mengurangi debit air atau kapasitas yang timbul setelah alih fungsi lahan.