Ribuan Penumpang Bus dari Luar Jakarta Tiba di Terminal Kampung Rambutan
Terminal Kampung Rambutan/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kedatangan penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, masih terlihat ramai, Kamis, 18 April.

Padahal, waktu libur hari raya lebaran telah usai namun para penumpang masih terus berdatangan dari luar kota Jakarta.

Saat ini, jumlah arus balik yang tiba di terminal ini mencapai 3.211 penumpang. Pantauan di lapangan, puluhan bus AKAP angkutan lebaran tiba di Terminal Bus Kampung Rambutan.

Para penumpang turun di jalur kedatangan dan mereka melanjutkan perjalanannya dengan angkutan dalam kota, seperti Jak Lingko, Bus TransJakarta maupun jenis angkutan umum lainnya.

Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan, masih banyak warga yang berdatangan dari sejumlah daerah usai libur lebaran. Terutama dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan sekitarnya.

"Jumlah kedatangan di Terminal Bus Kampung Rambutan ini ada 3.211 penumpang. Mereka datang dengan menggunakan 181 bus angkutan lebaran," katanya saat dikonfirmasi, Kamis, 18 April.

Menurutnya, jumlah arus balik yang tercatat dari tanggal 12 hingga 16 April mencapai 11.887 penumpang yang diangkut menggunakan 474 bus.

Dipastikan angka ini masih terus bertambah karena prediksinya arus balik ini masih akan terjadi sampai tanggal 18 April hari ini. Hal ini sesuai dengan masa berlaku beroperasinya posko angkutan lebaran yang ada di area terminal.

Pasalnya, posko angkutan lebaran tingkat Provinsi DKI maupun Kementerian Perhubungan berakhir pada hari Kamis, 18 April 2024 hari ini.