Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah penumpang arus balik mudik lebaran di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur mulai terlihat kepadatan. Meski begitu, pada hari kedua lebaran ini belum menjadi puncak kedatangan arus balik pemudik.

Kepadatan penumpang arus balik yang terjadi hanya seiring berakhirnya cuti bersama hari raya pada Selasa, 25 April. Namun belum ada kenaikan yang signifikan.

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan, seiring adanya himbauan Presiden Jokowi, jumlah penumpang bus pada arus balik mudik mulai terjadi peningkatan sejak Selasa pagi.

"Dari pegawai pemerintahan maupun swasta karena memang sudah mulai bekerja besok di tanggal 26 April, makanya mereka tiba di hari ini untuk persiapan besok bekerja," katanya kepada wartawan, Selasa, 25 April.

Dari pantauan, bus luar kota yang tiba di Terminal Kampung Rambutan masih didominasi penumpang bus jarak dekat. Para penumpang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara terkait himbauan Presiden Jokowi terkait penundaan kepulangan mudik, rupanya tidak mempengaruhi kepulangan pemudik di Terminal kedatangan di Kampung Rambutan.

Pasalnya, dari data penumpang Terminal Kampung Rambutan, jumlah bus yang tiba pada 24 April, kemarin tercatat ada 5.188 orang penumpang dengan 365 armada bus.

"Sampai saat ini kedatangan bus masih dalam keadaan normal. Dari arah timur ke sini sudah dilakukan rekayasa lalu lintas one way, artinya sampai saat ini belum ada keterlambatan yang tiba di Terminal Kampung Rambutan," ujarnya.