Puncak Mudik Terminal Kampung Rambutan Diprediksi H-3 Lebaran
Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur/FOTO ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Terminal Kampung Rambutan Jakarta Yulza Ramadhoni memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2022 di terminal bus ini akan terjadi pada H-3 yaitu 29 April 2022.

“Puncaknya kemungkinan di H-3 atau H-4,” katanya dikutip Antara, Senin, 25 April.

Yulza menjelaskan sejak 23 April 2022 sudah terdapat kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan hari biasa terkait jumlah penumpang bus di Terminal Kampung Rambutan.

Berdasarkan data per Minggu (24/4), sebanyak 1.118 penumpang berangkat dari terminal ini dan diprediksi akan terus meningkat hingga puncak arus mudik.

Sementara dari sisi jumlah bus, sudah ada 2.388 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan sejak awal April hingga 24 April 2022 dengan rata-rata sekitar 100 bus per hari.

“Mayoritasnya menuju ke Sumatera itu pagi, sore ke malam itu ke Jawa Tengah dan Jawa Timur sedangkan kalau ke Jawa Barat selalu standby,” ujar Yulza.

Saat ini untuk harga tiket bus sudah naik mencapai 50 persen bahkan akan terus meningkat menjelang hari Lebaran.

Senada dengan Yulza, petugas Perusahaan Otobus (PO) Sinar Jaya Zainal menuturkan sudah terlihat adanya peningkatan penumpang mudik sejak H-8 Lebaran di Terminal Kampung Rambutan.

Mayoritas penumpang bus Sinar Jaya yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan menuju ke Purwokerto, Tegal, Wonosobo dan Pekalongan.

Harga tiket bus Sinar Jaya sudah naik hingga 40 persen dengan paling mahal adalah suite class menuju Malang yang mencapai Rp850.000.

“Paling mahal ke Malang Rp850.000 suite class. Suite class baru ada di Sinar Jaya sama Pandawa 87 itu saja dia di atas Rp850.000,” jelas Zainal.