Bagikan:

JAKARTA - Peningkatan jumlah penumpang arus balik lebaran 2022 terjadi di Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni menyebutkan, puncak arus balik sudah terlihat sejak Sabtu 7 Mei, kemarin.

Pada Sabtu, 7 Mei atau H+5 lebaran, jumlah kedatangan penumpang sebanyak 8.807 orang disertai 473 bus.

"Untuk per tanggal 7 Mei kemarin, data update di Terminal Bus Kampung Rambutan, penumpang yang tiba sebanyak 8.807 penumpang dengan menggunakan 473 bus," ungkap Yulza saat ditemui di lokasi, Minggu, 8 Mei.

Kata Yulza, bahkan adanya kedatangan penumpang arus balik di Terminal Bus Kampung Rambutan sudah terjadi sejak Rabu 4 Mei atau H+2 lebaran, kemarin.

"Trennya dari tanggal 4 Mei itu memang naik sampai dengan update terakhir per tanggal 7 Mei kemarin," katanya.

Berdasarkan data Informasi Jumlah Penumpang Angkutan Lebaran Tahun 2022 di Terminal tersebut memang tampak terjadi peningkatan jumlah kedatangan penumpang.

Yulza menyampaikan, puncak arus balik sudah terjadi pada Sabtu 7 Mei, kemarin.

"Kemungkinan besar kemarin itu puncaknya. Per tanggal 7 Mei itu sekitar 8 ribuan penumpang tadi, aktivitas kan sudah berlangsung di hari Senin 9 Mei (besok) ya," katanya.

Yulza menuturkan, mayoritas penumpang arus balik di Terminal Bus Kampung Rambutan berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah.

"Mayoritas penumpang didominasi dari arah timur ya, artinya dari Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk kedatangan per malam hari tadi," katanya.

Berdasarkan laporan yang sama, terlihat kedatangan penumpang paling banyak berasal dari wilayah Jawa Barat (69%), Jawa Tengah (13%), dan Banten (10%).

Sementara itu, lanjut Yulza, penumpang biasanya tiba di Terminal Bus Kampung Rambutan pada waktu tengah malam hingga subuh.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Kepala Terminal Kampung Rambutan, Efendi menyebutkan, lonjakan penumpang mungkin terjadi pada Sabtu 7 Mei sampai Minggu 8 Mei.

"Karena Senin 9 Mei sudah mulai aktif semua aktivitas kerja," kata Efendi kepada wartawan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis, 5 Mei, kemarin.

Diperkirakan, kepadatan penumpang pada arus balik akan terjadi pada Sabtu 7 Mei.