Polda Metro Jaya Mengharapkan Pemudik Mengatur Waktu Kepulangan ke Jakarta
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman beserta jajaran (foto: dok. antara )

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Latif Usman, berharap masyarakat dapat mengatur waktu kepulangan ke Jakarta atau saat kembali ke ibu kota setelah merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah di kampung halaman.

Menurutnya, diperkirakan sekitar satu juta kendaraan akan memasuki Jakarta dalam rentang waktu tanggal 13-16 April 2024, oleh karena itu masyarakat diharapkan memilih di antara tanggal tersebut.

"Meskipun dalam satu hari ada 250 ribu kendaraan saja, itu sudah cukup tinggi. Oleh karena itu, saya mengharapkan agar masyarakat yang kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan segalanya," ujarnya di Jakarta pada Kamis.

Selain mengatur waktu kepulangan, Latif juga mengimbau kepada pemudik untuk memilih sejumlah gerbang tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan seperti di simpang susun Cikunir, Tanjung Priok, dan Halim.

"Tiga tempat ini adalah tempat krusial bagi titik masuknya Jakarta yang kita perhatikan dengan seksama. Namun, kita memiliki tol fungsional, tol dari Cibitung menuju ke Cimanggis," katanya.

Oleh karena itu, masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, dan Cibubur dapat memilih rute tersebut dan tidak perlu melalui Cikunir yang memiliki waktu dan jarak tempuh yang signifikan.

Terkait dengan kontraflow, Latif menjelaskan bahwa langkah tersebut akan diberlakukan khususnya di dalam tol yang masuk ke Halim jika terjadi kepadatan.

"Itu merupakan langkah terakhir yang akan kita ambil, yaitu akan menerapkan kontraflow dari pintu Tol Halim mungkin hingga ke Slipi atau mungkin hingga ke depan Polda Metro Jaya atau bahkan mungkin hingga depan gedung DPR," ungkapnya.

Latif juga menambahkan bahwa arus balik akan dipecahkan dari awal sehingga masuk ke Jakarta akan lebih nyaman bagi pemudik