Jokowi Minta Pemerintah Daerah Percepat Vaksinasi COVID-19
Suasana vaksinasi di Pasar Tanah Abang (Foto: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menginstruksikan pemerintah daerah mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di wilayahnya. 

"Saya telah mengingatkan dan meminta pemerintah daerah untuk lebih cepat, untuk lebih giat lagi melaksanakan vaksinasi di daerah masing-masing negara," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 4 Maret.

Jokowi ingin Indonesia segera memiliki kekebalan imunitas (herd immunity) di kalangan masyarakat. Sebab, percepatan vaksinasi menjadi salah satu kunci untuk mengendalikan laju penularan COVID-19.

Karena itu, lanjut Jokowi, vaksinasi ini tidak hanya di Jakarta tapi harus terus bergulir ke semua provinsi

"Semuanya akan memulai secara besar-besaran proses vaksinasi yang tentunya kita harapkan juga didukung oleh distribusi vaksin yang baik," tutur dia.

Sampai hari ini, tercatat 2.286.123 orang yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan 1.100.228 vaksinasi dosis kedua. Sementara, total sasaran vaksinasi sementara mencapai 40.349.051 orang.

Kemudian, sebanyak 12 juta vaksin telah didistribusikan ke 34 provinsi dan 514 kabupaten kota. 

"Target vaksinasi pada periode Januari sampai Juni adalah 40 juta orang dan kita menargetkan 1 juta orang harus divaksinasi setiap hari agar pelaksanaan vaksinasi ini dapat selesai tepat waktu sesuai target yang telah kita berikan," pungkas dia.