Tinjau Vaksinasi <i>Door to Door</i> di Cirebon, Jokowi: Jemput Bola dalam Rangka Vaksinasi Bisa Kita Percepat
Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi COVID-19 di Kampung Panampaan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah atau door to door di Kampung Panampaan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Dalam tinjauannya, Jokowi mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi door to door. Menurut dia, program vaksinasi yang datang langsung ke pemukiman warga bisa mempercepat target sasaran vaksinasi COVID-19.

"Pada hari ini saya berada di Kampung Panampaan Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat di mana kota melakukan vaksinasi dari pintu ke pintu, door to door, ini jemput bola agar pelayanan terhadap masyarakat dalam rangka vaksinasi bisa kita percepat bersama-sama," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 31 Agustus.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyebut situasi pandemi COVID-19 semakin membaik. Hal ini dilihat dari penurunan kasus harian maupun penurunan keterisian tempat tidur isolasi dan ICU khusus COVID-19.

"Oleh sebab itu, saya minta kepada masyarakat tetap yang namanya protokol kesehatan harus terus dilakukan secara disiplin. Yang kedua agar secepatnya, secepat-cepatnya ikut dalam program vaksinasi pemerintah," ucap Jokowi.

Diketahui, Jokowi beserta rombongan berangkat ke Cirebon menggunakan Pesawat Khusus ATR 72-600 sekitar pukul 07.30 WIB dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma.

Setibanya di Bandar Udara Cakrabhuwana, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jokowi langsung meninjau vaksinasi door to door. Setelahnya, Jokowi beserta rombongan menuju SMA Negeri 1 Beber, Kabupaten Cirebon, guna meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk para pelajar.

Kemudian, Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Kuningan, tepatnya Kampung Tonjong. Jokowi juga juga akan meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat secara pintu ke pintu.

Selanjutnya, Jokowi diagendakan menuju Pondok Pesantren Miftahul Falah, untuk meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi para santri. Di sana, Presiden akan turut menyapa peserta vaksinasi di beberapa pondok pesantren lainnya melalui konferensi video. Selain meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19.

Jokowi juga akan memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Barat yang rencananya digelar di Pendopo Kabupaten Kuningan.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Kuningan, Presiden akan meresmikan Bendungan Kuningan sebelum kembali ke Jakarta pada sore harinya.