China Setujui Obat Tradisional untuk Obati COVID-19
Ilustrasi toko penjual bahan obat tradisional China. (Wikimedia Commons/Edna Winti)

Bagikan:

JAKARTA - Administrasi Produk Medis Nasional Pemerintah mengumumkan, China telah menyetujui tiga produk obat tradisional China (TCM) untuk membantu mengobati COVID-19. 

Badan tersebut menggunakan prosedur persetujuan khusus untuk memberi lampu hijau pada tiga produk, yang memberikan lebih banyak pilihan untuk pengobatan Covid-19, terang badan tersebut dalam pernyataannya seperti dilansir CNN.

Ketiga obat tradisional tersebut berupa butiran yang asal-usulnya bisa diteliti berdasarkan resep China kuno, dan telah dicobakan pada masa awal pandemi dengan pengawasan banyak akademisi dan ahli kesehatan.

"Obat tradisional tersebut adalah, butiran pembersih paru-paru dan detoksifikasi, butiran pengurai kelembaban dan detoksifikasi, serta butiran pendifusi dan detoksifikasi paru-paru," ungkap pernyataan itu.

Keamanan dan efektivitas TCM masih diperdebatkan di China, di mana ia memiliki penganut dan skeptis. Meskipun banyak pengobatan di TCM telah digunakan selama ratusan tahun, kritikus berpendapat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang dapat diverifikasi untuk mendukung manfaat yang diharapkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pengobatan kuno telah berulang kali dielu-elukan sebagai sumber kebanggaan nasional oleh Presiden China Xi Jinping, yang juga seorang pendukung TCM terkenal. Selama wabah, Xi berulang kali mendesak para dokter untuk merawat pasien dengan campuran obat tradisional China dan obat Barat

"Pengobatan tradisional adalah harta peradaban Tiongkok yang mewujudkan kebijaksanaan bangsa dan rakyatnya," kata Xi dalam konferensi nasional di TCM pada Oktober 2019. 

Puluhan ribu pasien Covid-19 menerima pengobatan herbal bersama dengan obat antivirus utama tahun lalu, menurut Kementerian Sains dan Teknologi.

"Dengan menyesuaikan kesehatan seluruh tubuh dan meningkatkan kekebalan, TCM dapat membantu merangsang kemampuan pasien untuk melawan dan pulih dari penyakit, yang merupakan cara terapi yang efektif," terang Wakil Kepala Administrasi Pengobatan Tradisional Cina Nasional China Yu Yanhong pada Maret 2020.

Yu menambahkan, dalam uji klinis terhadap 102 pasien dengan gejala ringan di Wuhan, pasien dengan perawatan gabungan memiliki tingkat pemulihan 33 persen lebih tinggi, dibandingkan dengan kelompok yang hanya menerima pengobatan Barat.