Bagikan:

JAKARTA - Sebuah Ferrari senilai 2,5 juta dolar AS yang dicuri di luar sebuah hotel di Italia, berhasil ditemukan dan dikembalikan kepada pemiliknya setelah hampir 24 tahun.

F40 adalah unit terbatas yang hanya diproduksi sebanyak 1.311 unit. Model ini merupakan model terakhir yang dipesan dan disetujui secara pribadi oleh pendiri legendaris pembuat mobil Italia, Enzo Ferrari.

Ferrari itu dilacak oleh Christopher Marinello, seorang pengacara Amerika yang berbasis di London, Inggris. Ia berspesialisasi dalam mempertemukan kembali pemilik dengan barang curian bernilai tinggi, termasuk karya seni Nazi dan jam tangan mewah yang dijarah.

Dia menerima tawaran dari pemiliknya yang bersyukur untuk membawa supercar berkecepatan 201 mph ini untuk sebuah perayaan. Dia mengunggah di media sosial: "Pekerjaan saya tidak menyebalkan, terkadang", dilansir dari The National News 1 April.

Marinello, kepala eksekutif dan pendiri Art Recovery International, mengatakan, ia menemukan F40 dengan menggunakan "metode yang sama persis dengan menemukan jam tangan atau lukisan" dan menggambarkan mobil tersebut sebagai "karya seni asli".

"Bisa jadi bertahun-tahun sebelum mereka muncul lagi dan dalam kasus ini dengan mobil itu adalah 24 tahun, yang luar biasa," katanya kepada The National News.

Dia menjelaskan, perjanjian kerahasiaan dengan perusahaan asuransi tempat dia bekerja, mencegahnya untuk mengungkapkan rincian pemiliknya.

Namun ia membagikan pernyataan pencurian yang diajukan, yang mengungkapkan mobil tersebut berwarna merah Rosso Corsa Ferrari yang terkenal dan dicuri pada tanggal 16 April 2000, dari Villasanta, sebuah area yang berdekatan dengan lintasan balap Formula Satu Monza.

Model F40 dibuat dari tahun 1987 hingga 1992 dan diberi nama untuk menghormati ulang tahun ke-40 perusahaan. Pada saat itu, mobil ini merupakan mobil tercepat di jalan raya yang mampu melaju dari 0-62 mph dalam waktu 4,1 detik, namun dibandingkan dengan supercar modern, mobil ini relatif biasa saja.

Menurut majalah resmi Ferrari, F40 tidak memiliki power steering, rem ABS atau bahkan jendela elektrik dan "memiliki misi yang sangat tunggal: untuk menggetarkan". Namun, terlepas dari usia mobil, mobil ini "masih terasa sensasional" untuk dikendarai.