Supercar Lawas Ini Dilelang, Pernah Dimiliki Juara Dunia F1
Ferrari F40. (Dok. Ferrari)

Bagikan:

JAKARTA - Ferrari terkenal akan memproduksi supercar yang ikonik. Banyak mobil yang telah diciptakan Ferrari, salah satunya ialah F40.

Pada zamannya, Ferrari F40 merupakan supercar terbaik pada medio akhir 1980-an dan awal 1990-an. Dengan bentuk hood depan yang ke bawah disertai lampu tempel yang khas, dan sayap belakang yang menyatu dengan bagian belakang mobil, membuatnya menjadi salah satu supercar dengan desain terfavorit hingga sekarang.

Baru-baru ini, rumah lelang RM Sotheby melakukan lelang untuk Ferrari F40. Bahkan, mobil ini menjadi lebih istimewa karena pernah dimiliki oleh sang juara dunia F1, 4 kali, Alain Prost.

7
(Dok. Ferrari)

Dilansir dari Top Gear, Kamis, 27 April, "Sang Profesor" pernah memiliki satu unit Ferrari F40 pada tahun 1990 sebagai hadiah "selamat datang" dari Ferrari saat dirinya baru bergabung dengan tim berlogo kuda jingkrak tersebut.

Walaupun demikian, masa pemakaian Ferrari F40 itu tidak berlangsung lama. Mantan pembalap F1 asal Prancis tersebut memutuskan untuk menjualnya.

Lalu, pemilik berikutnya meminta tanda tangan Prost pada bagian atap mobilnya. Hingga saat ini, tanda tangan dari Prost masih terlihat jelas.

Seiring berjalannya waktu, Ferrari F40 tersebut silih berganti pemilik hingga akhirnya tahun 2016, F40 ini mendapatkan sertifikasi Ferrari Classiche dengan mempertahankan beberapa komponen asli mobil tersebut.

Komponen yang diganti hanyalah tangki bahan bakar serta satu set ban baru. Mobil tersebut tercatat telah menempuh jarak sejauh kurang dari 6.000 km sejak kepemilikan pertama dari Prost.

Selama masa produksi, Ferrari F40 dirakit berjumlah 1.311 unit. Dengan dibekali mesin V8 twin-turbocharged 2.936 cc, F40 dapat mengeluarkan daya sebesar 471 dk dikawinkan dengan transmisi lima percepatan manual.

RM Sotheby memberi kesempatan kepada calon pemilik mobil untuk menawarkan harga hingga 10 Mei 2023. Rumah lelang tersebut memperkirakan mobil ini dapat terjual lebih dari 2,6 juta poundsterling atau sekitar Rp48 miliar.