Porsche Luncurkan Corak Warna Khusus Peringati 100 Tahun Balapan Le Mans
Porsche 963 dengan corak warna khusus untuk balapan ke-100 Le Mans yang akan berlangsung Juni mendatang. (Dok. Porsche)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang 100 tahun 24 Hours Le Mans, Porsche rilis corak desain khusus menyambut balapan ikonik ini yang berlangsung 10-11 Juni mendatang dengan mobil Porsche 963 mereka.

Peluncuran ini sekaligus menyambut perayaan hari ulang tahun ke-75 tahun pabrikan asal Jerman tersebut.

Ada tiga mobil 963 Porsche dengan banyak corak ditampilkan yang awalnya hanya memiliki dasar merah, putih, dan hitam.

Porsche 963 akan disertai corak warna oranye, pink, hijau, biru muda, biru tua dan kuning. Terdapat 15 garis warna yang terdiri dari tujuh warna dari bagian belakang hingga bagian ujung depan.

2
(Dok. Porsche)

Corak warna tersebut mewakili warna dasar mobil balap Porsche masa lampau yang turut berperan dalam kesuksesan Porsche selama keikutsertaannya dalam olahraga balap.

"Tahun ini, kami merayakan 75 tahun mobil sport Porsche. Motorsport, serta khususnya balap endurance, merupakan elemen inti dari DNA Porsche. Oleh karena itu, perayaan 100 tahun 24 Hours Le Mans juga memiliki arti khusus bagi kami," kata salah satu Member of the Executive Board, Sales and Marketing Porsche, Detlev von Platen dalam keterangan resminya.

Vice President Porsche Motorsport, Thomas Laudenbach, mengatakan bahwa ketiga mobil yang akan diturunkan pada balapan ikonik dari Perancis tersebut memiliki corak warna yang juga memiliki ikatan yang kuat terhadap seluruh fans balap.

"Di Le Mans, ketiga Porsche 963 akan menarik perhatian pada perayaan ke-75 tahun Porsche dan balapan ke-100 dari Le Mans. Saya tidak meragukan desain tersebut akan memenangkan hati para fans balap," ujar Laudenbach.

Memiliki corak khusus yang sama namun juga ada perbedaan warna pada bagian shark fin pada ketiga mobil ini, yakni mobil No.5 yang memakai warna hitam, No.6 berwarna putih, dan No.75 berwarna merah.

Ini merupakan keikutsertaan pertama bagi Porsche di Le Mans dalam kelas utama, Hypercar sejak 2017 sewaktu masih bernama LMP1.

Dengan dibekali mesin V8 twin-turbocharged, 32-valve 4.593 cc dengan motor unit generator pada bagian depan, Porsche 963 memiliki tenaga sebesar 671 dk. Sasis dari mobil prototipe tersebut berasal dari Multimatic.