Bagikan:

JAKARTA - Porsche dan TAG Heuer telah menjalin kemitraan selama bertahun-tahun dalam berbagai proyek eksklusif, termasuk peluncuran kolaborasi jam tangan. Kali ini, kemitraan ini adalah dengan pengembangan mobil eksklusif.

Proyek tersebut diberi nama 'TAG Heuer x Porsche - Legends of Panamericana', di mana keduanya bekerja sama untuk mengembangkan model 718 Cayman GT4 RS yang dirancang secara khusus.

Inspirasi proyek ini berasal dari model 550 Coupe yang digunakan dalam ajang balap Carrera Panamericana di Meksiko pada tahun 1953. Mobil performa tinggi ini dirancang secara eksklusif dengan fokus pada konstruksi ringan, penyetelan khusus pada sasis, dan teknologi aerodinamika yang canggih. Selain itu, 718 Cayman GT4 RS ini dirancang untuk menyerupai mobil balap legendaris tersebut.

Sebagai bentuk penghormatan kepada 550 Coupe, Porsche membeli mobil sport tersebut dengan nomor balap '154', dan mobil ini telah dipamerkan dalam acara tahunan Rennsport Reunion 7 serta menjadi bagian dari pameran 'TAG Heuer Heritage Experience'.

"Melalui kemitraan TAG Heuer dan Porsche, Carrera Panamericana menggabungkan dua merek yang memiliki banyak kesamaan, seperti inovasi, hasrat untuk balap, dan mewujudkan impian. Kami ingin merayakan kemitraan ini dengan meluncurkan sepasang mobil yang hanya akan diproduksi satu kali. Ini juga merupakan hadiah bagi para pelanggan kami yang sangat antusias di Amerika Latin," kata Robert Ader, Kepala Pemasaran Porsche AG dalam keterangan perusahaan, Senin, 2 Oktober.

3

Mobil kedua dengan nomor balap '152' akan ditampilkan bersama dengan nomor '154'. Berbeda dari mobil pertama, model kedua ini akan dilelang pada awal 2024 untuk amal.

Kedua mobil ini dibangun di bengkel Porsche Sonderwunsch di Stuttgart-Zuffenhausen dengan dukungan Style Porsche, Porsche Latin America, arsip perusahaan, dan TAG Heuer.

Kedua Porsche 718 Cayman GT4 RS ini dilapisi dengan warna Le Mans Silver Metallic. Warna yang sama juga digunakan untuk bagian luar lainnya, termasuk sudut-sudut jendela, panel-panel dari berbagai intake udara di bagian depan dan samping, serta semua bagian yang dilapisi dengan lapisan karbon.

Diketahui, Carrera Panamericana adalah perlombaan ikonik yang melibatkan perjalanan sejauh 3.400 km melintasi wilayah Meksiko. Balapan ini memiliki reputasi sebanding dengan Mille Miglia dan Targa Florio di Italia.

Porsche pertama kali berpartisipasi dalam balapan ini pada tahun 1952, dan pada tahun 1953, model Type 550 ikut serta dalam balapan ini dalam versi Spyder dan Coupe.