Bagikan:

JAKARTA - Sebuah kesempatan langka untuk memiliki hypercar revolusioner, Aston Martin Valkyrie, segera hadir di lelang yang diselenggarakan di Dubai.

Rumah lelang RM Sotheby's akan melelang Aston Martin Valkyrie Coupe produksi 2023 pada 9 Maret ini dengan taksiran harga antara 2,9 juta hingga 3,3 juta dolar AS atau setara Rp45,5 miliar-Rp51,8 miliar.

Apa yang membuat mobil ini begitu spesial dan begitu mahal?

6

Melansir laman RM Sotheby's, dikutip 4 Maret, mobil rakitan tangan yang diproduksi di Inggris ini merupakan satu dari 150 unit yang diproduksi di dunia terinspirasi dari mobil Formula 1 Aston martin. Alhasil, mobil ini adalah definisi dari performa tanpa kompromi. Dibekali mesin V12 Cosworth 6.5 liter yang dibantu motor listrik, Valkyrie mampu muntahkan tenaga hingga 1.140 dk. Akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh 2,6 detik, dengan kecepatan puncak di atas 400 km/jam.

7

Tapi performa buas bukanlah segalanya. Valkyrie lahir dari kolaborasi Aston Martin dengan Red Bull Racing, di mana sang maestro aerodinamika Adrian Newey turut ambil bagian. Hasilnya? Mobil ini nyaris menyerupai mobil F1 namun legal untuk dikendarai di jalanan.

5

Bobot ringan menjadi kunci utama. Tak ada satupun komponen baja yang digunakan pada Valkyrie. Seluruh bodinya terbuat dari serat karbon, demi mengejar rasio bobot terhadap tenaga mendekati 1:1. Bahkan, emblem Aston Martin yang biasanya terbuat dari enamel diganti versi aluminium 99.4% lebih ringan.

Tak heran jika downforce yang dihasilkan mencapai 1.100 kilogram, melebihi kemampuan mobil F1 sekalipun. Pengalaman berkendara Valkyrie diklaim brutal, memacu adrenalin dengan perpaduan kecepatan, suara mesin gahar, dan handling lincah.

Unit yang akan dilelang di Dubai ini baru berjalan sejauh 123 kilometer dan tampil memukau dalam balutan warna Scintilla Silver dengan aksen Speed Red yang kontras. Interiornya memadukan Alcantara hitam, serat karbon, dan aksen Spicy Red yang sporty.

Sebagai Valkyrie pertama yang masuk balai lelang, mobil ini diyakini akan menarik minat para kolektor supercar dan pecinta sejati merek Aston Martin di Timur Tengah.