Hendak Kabur Kayuh Sampan, Warga AS Ditangkap Imigrasi Sorong
WNA AS. dideportasi Imigrasi Sorong. (ANTARA

Bagikan:

SORONG - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, mendeportasi satu warga negara Amerika Serikat berinisial TMM karena melanggar ketentuan batas izin tinggal atau overstay, Kamis, 4 Maret.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sorong Ferdy Maulana dalam keterangan tertulis dikonfirmasi kepada ANTARA di Manokwari, Jumat, 5 April mengatakan TMM berupaya keluar dari wilayah Republik Indonesia tanpa melalui tempat pemeriksaan.

Informasi terkait pelanggaran izin yang dilakukan oleh warga negara Amerika tersebut diperoleh dari Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) Satuan Intelkam Kepolisian Resor Kaimana, Papua Barat.

"Bahwa ada satu orang WNA yang sedang berupaya keluar wilayah RI dengan mengayuh sampan," ucap dia.

Ferdy Maulana dari hasil pengamatan, petugas Imigrasi Sorong kemudian melakukan pengawasan keimigrasian dan membawa orang asing itu ke ruang detensi Kantor Imigrasi Sorong.

TMM kemudian diperiksa, ia terbukti telah melewati batas izin tinggal dan sempat melakukan kegiatan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Sudah overstay tapi tidak bisa membayar denda," ucap dia.

Ferdy menegaskan bahwa upaya warga asing keluar dari wilayah RI secara ilegal melanggar Pasal 75 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Tindakan administratif keimigrasian yang diterapkan kepada TMM berupa deportasi dan dimasukkan ke dalam daftar penangkalan.

TMM diberangkatkan ke Bandara Internasional Soekarno- Hatta melalui Bandara Domine Eduard Osok Sorong hari itu juga menggunakan pesawat Batik Air.

Pendeportasian ini dikawal oleh dua orang Analis Keimigrasian Ahli Pertama Imigrasi Sorong Arief Kurnia Aryanto dan Rizqi Naufal.

"Nanti dilanjutkan dengan Japan Airlines pukul 21.55 WIB tujuan Los Angeles, Amerika Serikat," ujar Ferdy.