KPK: Orang Sering Tergelincir Integritasnya Gara-gara Persoalan Ekonomi
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengingatkan pegawainya untuk saling menjaga dan mengingatkan pentingnya menjaga integritas. Jangan sampai ada yang tergelincir karena masalah pribadi.

Hal ini disampaikan Alexander saat menerima 214 calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang baru lolos seleksi pada Senin, 1 April. Ia ketika itu mengingatkan integritas penting dipegang oleh seluruh aparat penegak hukum.

“Dalam menegakkan integritas, kita harus saling menjaga. Sering kali orang tergelincir integritasnya karena persoalan yang dihadapi secara individu, misal menyangkut ekonomi. Oleh karena itu, menegakkan integritas butuh sinergi,” kata Alexander dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa, 2 April.

Alexander berpesan bagi mereka yang baru bergabung dengan komisi antirasuah harus menjunjung tinggi IS KPK, yaitu Integritas, Sinergi, Keadilan, Profesional, dan Kepemimpinan. “Kelima nilai itu yang harus diresapkan, dan dijunjung selama melakukan aktivitas di lingkungan KPK,” tegasnya.

Lebih lanjut, pimpinan berlatar belakang hakim ad hoc tersebut mengucapkan selamat kepada para CPNS yang terpilih. Ini menunjukkan mereka telah berhasil meraih capaian luar biasa.

Namun, para CPNS diminta tak jemawa. Mereka harus meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan pekerjaannya, kata Alexander.

“Mewakili pimpinan lainnya, saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih 214 CPNS yang ada disini. Lebih dari 100 ribu yang mendaftar ke KPK di mana peluangnya hanya sekitar 0,2 persen. Ini merupakan capaian yang luar biasa dan Anda patut berbangga,” ungkapnya.

Sebagai informasi, komisi antirasuah membuka formasi CPNS 2023 mencapai 214 orang dengan total 25 jabatan untuk 19 unit kerja, yaitu Biro Hukum, Direktorat Jejaring Pendidikan, Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat, Direktorat Monitoring, dan Direktorat Antikorupsi Badan Usaha (AKBU).

Selain itu dibuka juga untuk Direktorat Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi (Labuksi), Sekretariat Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi, Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah I-V, serta Sekretariat Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi.

Terakhir dibuka juga Direktorat Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi, Sekretariat Deputi Bidang Informasi dan Data, Pusat Perencanaan Strategis Pemberantasan Korupsi (Pusrenstra), dan Sekretariat Dewan Pengawas.

Adapun para CPNS KPK yang lulus akan mengikuti orientasi dan induksi di lingkungan KPK. Kegiatan bakal dilaksanakan pada 1-26 April 2024.