Prancis dan Jerman Putar Otak Manfaatkan Vaksin AstraZeneca Buat Warganya
Ilustrasi vaksin. (Steven Cornfield/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Jerman dan Prancis tengah berada di bawah tekanan untuk menghasilkan solusi kreatif, untuk mengalihkan pemakaian vaksin COVID-19 AstraZeneca dengan segera agar terhindari dari penumpukan dosis yang tidak terpakai beberapa minggu ke depan. 

Melansir The Guardian, regulator media Prancis membalikan sarannya untuk tidak menyuntikan vaksin AstraZeneca kepada lansia di atas usia 65 tahun. Hal ini membuat Komite Kesehatan Jerman juga dituntut untuk mengikuti langkah tersebut. 

Baik Inggris maupun Jerman diketahui 'terlambat' menyuntikan vaksin AstraZeneca, lantaran 'debat' pemenuhan kuota antara AstraZeneca dengan Uni Eropa pada penghujung Januari lalu. 

Tingkat pemanfaatan vaksin AstraZeneca di Prancis mencapai 24 persen, jauh di bawah target yang ditetapkan pada kisaran 80 - 85 persen, sebut seorang pejabat kementerian kesehatan. Di Jerman, dua pertiga dari 1,4 juta dosis yang dikirim tetap disimpan pada Hari Senin.

Ini tidak lepas dari kepercayaan masyarakat di kedua negara tersebut yang memilih vaksin lansir Pfizer BioNTech, yang pada ujicoba awal menujukan kemanjuran lebih tinggi dalam melawan COVID-19

Di Kota Duisburg, Jerman barat, misalnya, seorang juru bicara mengatakan 50 persen hingga 70 persen jadwal penyuntikan vaksin AstraZeneca tidak dimanfaatkan atau dibatalkan. 

Namun jika dilihat lebih dekat, skeptisisme AstraZeneca tampaknya menjadi fenomena lokal yang terbatas pada wilayah tertentu, dengan masalah logistik yang cenderung memainkan peran yang jauh lebih besar.

Di kota terbesar kedua Jerman, Hamburg, pihak berwenang mengatakan mereka hampir tidak mengalami keengganan di antara mereka yang ditawari vaksin AstraZeneca. 

Namun diakui, keputusan untuk menghapus vaksin hanya untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun telah menciptakan masalah logistik yang tidak terlalu besar.

“Kami berharap vaksin AstraZeneca menjadi salah satu pendorong utama program kami, karena persyaratan penyimpanannya yang sederhana, berarti kami dapat memberikannya melalui praktik dokter sebelum vaksin BioNTech atau Moderna,” kata Martin Helfrich, juru bicara untuk kementerian kesehatan setempat.

Keputusan Jerman untuk tidak menghapus batasan vaksin untuk usia di atas 65 tahun, membuat pihak berwenang harus secara aktif mencari orang yang lebih muda dalam kelompok prioritas utama. Menemukan pekerja penting seperti staf medis atau petugas pemadam kebakaran relatif cepat dilakukan melalui serikat pekerja dan asosiasi buruh.

Tetapi menjangkau orang-orang yang lebih muda dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya adalah tugas yang lebih melelahkan, dengan negara bagian harus mengundang mereka melalui pos untuk membuat janji melalui telepon, menyebabkan penundaan yang cukup lama.

Beberapa kota telah mulai menguji coba cara-cara kreatif untuk memindahkan stok yang tidak diinginkan, untuk setiap dosis yang saat ini tersisa di Duisburg, perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus mengirimkan pesan teks ke tiga orang dalam daftar sukarelawan yang tertarik. Yang pertama merespon diberi janji untuk mendapatkan vaksin

astrazeneca
Vaksin AstraZeneca. (Wikimedia Commons/Agencia Brasilia)

Di Prancis, laporan keragu-raguan AstraZeneca juga menutupi kekurangan dalam desain strategi peluncuran vaksin negara tersebut.

Meskipun beberapa dokter telah menyatakan secara terbuka bahwa mereka tidak merekomendasikan suntikan, dan beberapa petugas layanan kesehatan dilaporkan enggan menerimanya karena efek samping yang dialami oleh beberapa kolega, ada sedikit bukti bahwa vaksin AstraZeneca secara aktif ditolak oleh masyarakat umum.

Analis mengatakan, sejumlah besar dosis AstraZeneca yang tidak terpakai tampaknya lebih merupakan hasil dari pemerintah yang berfokus secara eksklusif pada kelompok umur dan risiko, seperti penghuni panti jompo, padahal tidak disetujui untuk mereka, tanpa disertai rencana cadangan. 

Seperti kebanyakan negara Uni Eropa, Prancis juga tidak mengikuti Inggris dalam memperpanjang jarak antara dosis pertama dan kedua vaksin Covid di luar periode yang direkomendasikan pabrikan. yang berarti Prancis harus menyimpan lebih banyak cadangan untuk dosis kedua awal.

Karena jutaan dosis oleh AstraZeneca, BioNTech dan Moderna akan tiba di seluruh Uni Eropa bulan ini, masalah di Prancis dan Jerman bergeser dari salah satu kekurangan pasokan, menjadi dokter yang tidak dapat memberikan vaksin ke tangan orang-orang dengan cukup cepat. .

Jika Jerman terus memvaksinasi orang pada kecepatannya saat ini, surat kabar Die Welt menghitung pada hari Senin, negara itu akan menumpuk hampir 5 juta dosis yang tidak digunakan pada minggu ketiga bulan Maret.

Peluncuran lambat Prancis diatur untuk mempercepat secara signifikan, dengan dokter umum berwenang untuk memberikan suntikan sejak minggu lalu dan apotek mengikutinya minggu ini, setelah keputusan oleh regulator kesehatan negara pada Hari Selasa.

Menteri Kesehatan Prancis Olivier Véran, mengatakan Prancis harus memberikan 6M dosis pertama pada Maret, dua kali lipat jumlah yang diberikan selama dua bulan pertama kampanye inokulasi. 

Sementara, Perdana Menteri, Jean Castex pekan lalu mengatakan, semua orang yang berusia di atas 50 tahun akan ditawari vaksin pada pertengahan Mei.

Di Jerman, juga, dokter pada akhirnya akan dilibatkan ke dalam peluncuran vaksinasi, meskipun tidak sampai negara tersebut menerima sekitar 3 juta dosis seminggu, yang berarti dokter tidak akan berada dalam posisi untuk memilih beberapa pasien mereka daripada yang lain.