Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) kembali menindak gerai kuliner di wilayah tersebut, usai dinilai melanggar aturan keamanan pangan dan telah diperingatkan sebelumnya.

Gerai kuliner yang ditutup oleh otoritas Abu Dhabi pada Rabu lalu  berada di Al Zahiyah yang terletak di pusat Abu Dhabi. Otoritas Keamanan Pertanian dan Keamanan Pangan Abu Dhabi menutup tempat itu setelah menemukan adanya pelanggaran peraturan kesehatan dan keselamatan.

Pihak otoritas mengatakan, restoran itu telah diberikan peringatan beberapa kali mengenai kebersihan dan makanan yang disimpan di tempat yang tidak bersih.

Selain itu, serangga dan tikus juga ditemukan di dapur gerai makanan itu. Pihak berwenang mengatakan, pelanggaran kesehatan menimbulkan risiko bagi pelanggan.

"Kafetaria melanggar aturan keamanan pangan. Ada beberapa alasan berisiko tinggi seperti penyebaran serangga,” kata pihak berwenang dalam sebuah pernyataan, melansir The National News 29 Februari

"Ada juga kehadiran hewan pengerat, dan pengabaian kebersihan di fasilitas tersebut," sambung pernyataan itu.

Ditambahkan, restoran akan tetap tutup sampai masalah pelanggaran kesehatan diperbaiki oleh pihak pengelola.

Diketahui, pengawas secara rutin mengunjungi restoran di Abu Dhabi untuk melindungi kesehatan masyarakat, memastikan restoran tersebut mematuhi persyaratan keamanan pangan.

Januari lalu, sebuah kafe di Abu Dhabi juga ditutup oleh pihak berwenang setelah berulang kali melanggar aturan keamanan makanan, termasuk kasus penemuan serangga di tempat tersebut.

Serangga ditemukan di area persiapan makanan, sehingga menimbulkan risiko bagi kesehatan konsumen. Pihak otoritas mengatakan, gerai tersebut telah diberi tiga peringatan atas praktik-praktik yang tidak higienis sebelum ditutup.

"Semua jenis tempat usaha dan produk makanan tunduk pada inspeksi, untuk menjamin kepatuhan terhadap standar keamanan pangan tertinggi," tegas otoritas tersebut.

Pihak otoritas mengimbau masyarakat untuk tidak ragu melaporkan kekhawatiran mereka tentang standar keamanan makanan dengan menghubungi pusat kontak Pemerintah Abu Dhabi.