5 Komisioner KPU Kaltara 2024-2029 Dilantik, Hariadi Hamid Jadi Ketua
FOTO ISTIMEWA/Komisioner KPU Kaltara

Bagikan:

TANJUNG SELOR - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari melantik Anggota KPU Kalimantan Utara (Kaltara) periode 2024-2029.

Pengangkatan tersebut berdasarkan keputusan KPU RI nomor 271 Tahun 2024 tentang pengangkatan anggota KPU Provinsi  Kaltara diantaranya Agung Firmansyah, Chairullizza, Hariyadi Hamid, Hermansyah, dan Nasruddin.

Setelah dilantik, lima anggota KPU Kaltara menggelar Rapat Pleno tertutup untuk memilih ketua KPU Kaltara dan menyusun 

struktur baru. Hasilnya, Hariadi Hamid yang juga incumbent atau petahana ini terpilih sebagai Ketua KPU Kaltara periode 2024-2029.

"Terkait struktur maupun perangkat lainnya sudah kami susun pada rapat pleno hari ini, setelah ini kami akan pulang dan agendakan beberapa kegiatan. Yang pertama serah terima jabatan dari pimpinan ketua KPU yang lama periode 2019-2024," kata Hariadi, Senin, 26 Februari.

Selain itu, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi bersama KPU Kabupaten dan Kota di Kaltara untuk lakukan evaluasi pasca Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 serta membahas terkait persiapan tahapan jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2024.

"Kami juga diperintahkan oleh KPU RI untuk laksanakan uji kepatutan atau kelayakan (fit propertest) terkait seleksi anggota KPU kabupaten/kota di Tanjung Selor pada 29 Februari mendatang," ungkap Hariadi Hamid.

Salah satu tugas anggota KPU yang baru yakni lakukan supervisi atau pemantauan rekapitulasi hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Kota. Apalagi, saat ini ada beberapa daerah yang sudah selesai ditingkat kecamatan. 

"Setelah itu, hasil pemilu 2024 akan kita tetapkan melalui Rapat Pleno terbuka KPU Kaltara paling lambat 10 Maret mendatang. Tugas ini salah satu tugas yang harus dituntaskan setelah purna tugas anggota KPU sebelumnya," jelas Hariadi yang sebelumnya jabat Komisioner KPU Kaltara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM.

Jelang Pilkada 2024, lanjut Hariadi, KPU Kaltara akan siapkan tahapan Pemilihan Gubernur Kaltara termasuk selenggarakan sayembara maskot Pilgub dan jingle sebagai ikon untuk sosialisasi Pilkada.

"Selain itu kita juga harus siapkan semua kebutuhan penyelenggara Pilgub Kaltara yang digelar pada November mendatang termasuk sosialisasi Pilkada Serentak 2024," pungkasnya.