Kirim 800 Drone, Menhan Kanada: Kami akan Terus Memberikan Bantuan Militer untuk Ukraina Memenangkan Perang Ini
PM Kanada Justin Trudeau bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Sumber: President.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Kanada Bill Blair mengatakan, negaranya akan menyumbang lebih dari 800 drone multi-misi SkyRanger R70 untuk Ukraina, guna memenangkan perangnya menghadapi invasi Rusia.

Drone buatan Teledyne di Waterloo, Ontario, bernilai lebih dari 95 juta dolar Kanada menurut kementerian, dengan sumber pendanaannya diambil dari bantuan militer sebesar 500 juta dolar Kanada yang diumumkan Perdana Menteri Justin Trudeau saat berkunjung ke Kyiv tahun lalu.

"Pengumuman hari ini memastikan Ukraina memiliki drone yang diperlukan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi target, yang penting bagi perjuangan Ukraina yang sedang berlangsung. Kanada akan mendukung Ukraina selama diperlukan," kata Menhan Blair, melansir Reuters 20 Februari.

Sejak Februari 2022, Kanada diketahui telah memberikan bantuan lebih dari 9,7 miliar dolar Kanada ke Ukraina, termasuk lebih dari 2,4 miliar dolar Kanada bantuan militer, kata Kementerian Pertahanan Kanada dalam sebuah pernyataan.

Baru-baru ini, dalam pertemuan dengan sekutu NATO di Brussels pada 14 Februari, Menhan Blair mengatakan Kanada akan menyumbangkan lebih dari 60 juta dolar Kanada ke Ukraina.

Mengutip situs Pemerintah Kanada, drone SkyRanger R70 buatan negara itu memiliki sistem navigasi otomatis dan otonom, memungkinkannya membawa berbagai sistem kamera dan muatan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi target.

Kemampuan ini akan membantu operator Ukraina mengenali individu, kendaraan, dan sumber panas apa pun dari jarak jauh, terutama dalam kondisi gelap dan cuaca buruk. Drone multi-rotor ini adalah salah satu yang terbaik di dunia, dan dapat menangani berbagai muatan hingga 3,5 kilogram, termasuk amunisi.

Dikatakan, drone ini sangat penting untuk pengawasan dan pengumpulan intelijen, dan juga dapat digunakan untuk mengangkut dan mengirimkan pasokan.

Pemerintah Kanada bekerja sama dengan Ukraina terkait pelatihan dan jadwal pengiriman drone tersebut, dengan pengiriman perdana diperkirakan akan dimulai musim semi ini.

Selain drone, sejumlah bantuan militer yang sejauh ini telah dikirimkan Kanada ke Ukraina antara lain, tank tempur utama Leopard 2, kendaraan pendukung tempur lapis baja, senjata anti-tank, senjata ringan, howitzer M777 dan amunisinya, kamera drone resolusi tinggi hingga pakaian musim dingin.