PM Kanada Trudeau Umumkan Bantuan Militer Baru untuk Ukraina, Mulai dari Drone hingga Pendanaan Operasi Ranjau
PM Kanada Justin Trudeau bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Sumber: President.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan senjata dan peralatan baru untuk Ukraina pada Hari Minggu, setelah kunjungan mendadak ke ibukota Kyiv.

PM Trudeau, dalam konferensi pers setelah pembicaraan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, juga mengatakan Kanada memberlakukan sanksi baru terhadap individu dan entitas Rusia, terkait dengan invasi Moskow ke Ukraina.

"Hari ini, saya mengumumkan lebih banyak bantuan militer, kamera drone, citra satelit, senjata ringan, amunisi dan dukungan lainnya, termasuk pendanaan untuk operasi ranjau," terang PM Trudeau, melansir Reuters 9 Mei.

"Dan kami mengajukan sanksi baru terhadap 40 individu Rusia dan lima entitas, oligarki dan rekan dekat rezim di sektor pertahanan, semuanya terlibat dalam perang Putin," tambahnya, mengacu pada Presiden Rusia Vladimir Putin.

PM Trudeau mengunjungi Kota Irpin di luar Kyiv, titik fokus pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia, sebelum Moskow menarik mundur militernya pada akhir Maret.

Dalam kesempatan tersebut, PM Trudeu juga Dia mengatakan Kanada membuka kembali kedutaannya di ibu kota Ukraina, Kyiv.

Diketahui, Kanada juga menyediakan 25 juta dolar AS untuk Program Pangan Dunia PBB, sebagai bagian dari upaya untuk menegakkan keamanan pangan dan akan menghapus tarif perdagangan, terhadap semua impor Ukraina ke Kanada untuk tahun depan.

Terkait