Presiden Zelensky Minta Bantuan PM Kanada untuk Bersihkan Ranjau Darat, Teknisi Ukraina Berpacu Sebelum Musim Dingin
Ilustrasi aparat Ukraina membersihkan ranjau yang tidak meledak di wilayah negara itu. (Wikimedia Commons/National Police of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta bantuan PM Kanada Justin Trudeau, untuk menjinakkan ranjau darat akibat invasi Rusia ke negaranya, sementara petugas berpacu dengan waktu melakukan penjinakan sebelum musim dingin.

"Saya mengundang Perdana Menteri Trudeau untuk memimpin upaya global untuk membersihkan tanah kami dari ranjau dan peluru Rusia," ujarnya seperti melansir Reuters 29 September.

"Sebagai akibat dari perang Rusia, wilayah Ukraina memiliki salah satu konsentrasi ranjau terbesar di dunia," sambung Presiden Zelensky.

"Kita harus melakukan apa yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Kita harus menciptakan preseden penghapusan ranjau yang cepat dan besar-besaran dan tidak meninggalkan masalah selama beberapa dekade," jelas Presiden Zelensky, berterima kasih kepada Kanada atas kesediaannya untuk membantu.

Sementara itu, teknisi di Ukraina berpacu dengan waktu untuk menyingkirkan ranjau darat yang ditinggalkan pasukan Rusia dan belum meledak, sebelum musim dingin

"Saya tidak takut, saya tidak gugup, tetapi saya merasa bertanggung jawab atas apa yang saya lakukan," ujar Natalya Kalnytska, teknisi dari The HALO Trust, mengatakan kepada Fox News.

The HALO Trust, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk pembersihan perang, masih memiliki teknisi di Ukraina yang membersihkan ladang ranjau di wilayah Donbas sejak tahun 2014.

Mereka memprediksi akan memakan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan tugas sepenuhnya, karena sebagian dari negara masih berantakan.