Perdana, Kanada Beli Sistem Pertahanan Udara Buatan Amerika Serikat untuk Ukraina
Ilustrasi NASAMS. (Wikimedia Commons/Ministerie van Defensie)

Bagikan:

JAKARTA - Kanada akan membeli National Advanced Surface-to-Air Missile System (NASAMS) buatan Amerika Serikat untuk Ukraina, kata pernyataan dari kantor Perdana Menteri Justin Trudeau, setelah pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden di Mexico City pada Hari Selasa.

PM Trudeau dan Presiden Biden dijamu oleh Meksiko untuk pertemuan para pemimpin Amerika Utara. PM Trudeau memberi tahu Presiden Biden tentang pembelian tersebut selama diskusi terpisah, yang keduanya lakukan untuk mendukung Ukraina dalam perangnya dengan Rusia.

"Ini adalah sumbangan sistem pertahanan udara Kanada pertama ke Ukraina," kata Menteri Pertahanan Anita Anand di Twitter setelah pengumuman tersebut, melansir Reuters 11 Januari.

Sistem pertahanan udara adalah prioritas utama Ukraina, katanya mengutip Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov, yang memberitahunya dalam percakapan telepon yang diadakan sebelumnya pada Hari Selasa.

NASAMS adalah sistem pertahanan udara berbasis darat jarak pendek hingga menengah yang melindungi dari serangan drone, rudal dan pesawat, kata Anand.

Sumbangan tersebut bernilai sekitar 406 juta dolar Kanada (302,6 juta dolar AS), dan merupakan tambahan dari 500 juta dolar Kanada yang dijanjikan Kanada kepada Ukraina pada November, menurut pernyataan Kementerian Pertahanan.

Diketahui, Kanada telah memberikan lebih dari 1 miliar dolar Kanada bantuan militer ke Ukraina sejak Februari tahun lalu.

Terpisah, PM Trudeau dan Presiden Biden juga "membahas komitmen bersama mereka untuk pertahanan Amerika Utara, termasuk akuisisi jet tempur F-35 Kanada untuk Angkatan Udara Kerajaan Kanada," menurut pernyataan dari kantor perdana menteri.

Kanada menyelesaikan kesepakatan untuk membeli 88 jet tempur F-35 dari perusahaan pertahanan AS Lockheed Martin Corp pada Hari Senin, dalam proyek senilai 19 miliar dolar Kanada, untuk menggantikan armada pesawat tempurnya yang sudah tua.