Sah, Jokowi Lantik Gubernur Sumbar Mahyeldi, Kepulauan Riau, dan Bengkulu
Pelantikan Gubernur Sumbar, Kepulauan Riau, dan Bengkulu di Istana Negara (Foto: Tangkapan Layar)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik tiga gubernur dan wakil gubernur di Istana Negara pada hari ini. Ketiganya adalah Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu.

Di hadapan Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin,  ketiga pasangan gubernur dan wakil gubernur mengucapkan sumpah jabatan mereka menjadi pimpinan daerah selama lima periode 2021-2024.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik baiknya dan seadail adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," tutur ketiga pasangan gubernur dan wakil gubernur, Kamis, 25 Februari.

Mereka sebelumnya adalah calon gubernur dan wakil gubernur yang memenangkan hasil suara Pemiliahan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 dan telah disahkan oleh KPU.

Per hari ini, ketiga gubernur dan wakil gubernur yang dilantik Jokowi resmi bekerja memimpin daerahnya masing-masing, menggantikan gubernur-wakil gubernur terdahulu yang masa jabatannya telah habis.

Setelah dilantik, Jokowi mengucapkan selamat secara langsung dengan ketiga pasangan gubernur dan wakil gubernur. Kemudian, dilakukan foto bersama dengan menerapkan protokol kesehatan.

Berikut adalah nama gubernur-wakil gubernur yang dilantik pada hari ini:

1. Mahyeldi sebagai Gubernur Sumatera Barat dan Audy Joinaldy sebagai Wakil Gubernur Sumatera Barat

2. Ansar Ahmad sebagai Gubernur Kepulauan Riau dan Marlin Agustinas sebagai Wakil Gubernur Kepulauan Riau

3. Rohidin Mersyah sebegai Gubernur Bengkulu dan Rosjonsyah sebagai Wakil Gubernur Bengkulu