Cegah COVID-19, Ratusan Anggota Polda Jatim Divaksinasi
Sebanyak 800 anggota Polda Jawa Timur divaksinasi COVID-19. Harapannya, vaksinasi COVID-19 bisa membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Bagikan:

SURABAYA - Sebanyak 800 anggota Polda Jawa Timur divaksinasi COVID-19. Harapannya, vaksinasi COVID-19 bisa membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Polda Jatim telah menerima 800 dosis vaksin. Pada hari ini digunakan 600 dosis, sedangkan 200 dosis lainnya telah digunakan hari Selasa kemarin," kata Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, di Surabaya, Rabu, 25 Februari.

Untuk mensukseskan vaksinasi COVID-19, Nico mengaku menyiapkan sebanyak 1.824 vaksinator, yang terdiri dari anggota, dokter, perawat dan bidan. Nico menyebut sudah ada 770 vaksinator yang bersertifikat. 

"Kemudian 422 yang sudah dilatih, sehingga ada 1.200 siap menjadi vaksinator untuk membantu pemerintah dalam memberikan vaksinasi kepada seluruh masyarakat," katanya.

 Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta

Sementara untuk tenaga kesehatan (nakes), ada sebanyak 4.211 di jajaran Polda Jatim. Nico mengimbau seluruh tenaga kesehatan Polri untuk mendukung program vaksinasi COVID-19 dari pemerintah.

"Kita ketahui bersama vaksin ini juga diberikan kepada orang tua, kepada teman-teman wartawan, dan lainnya. Kami dari Polri siap mendukung untuk memberikan tenaga vaksinator supaya bisa berjalan dengan baik dan herd immunity bisa timbul di seluruh Jatim," katanya.

Nico memastikan vaksin COVID-19 aman. Dia juga mengaku tidak merasakan efek samping apapun, usai menerima dua dosis suntikan vaksin Sinovac. 

"Vaksin COVID-19 ini aman, dan tidak ada efek samping setelah disuntik. Saya sendiri sudah disuntikkan dosis kedua dan alhamdulillah aman," kata mantan Kapolda Kalimantan Selatan tersebut.