Sandiaga Uno Bertemu Kapolri Listyo Sigit Bahas 5 Destinasi Super Prioritas
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo (Foto: humas.polri.go.id)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menerima kunjungan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 24 Februari.

Dalam kunjungan itu, Kapolri dan Sandiaga membahas koordinasi hingga penguatan 5 destinasi super prioritas.

"Tadi kita berdiskusi untuk mensinergikan program-program yang bisa kita lakukan untuk percepatan dan penguatan terhadap destinasi super prioritas," kata Kapolri Listyo usai pertemuan.

Menurut Kapolri, kurang lebih 34 juta masyarakat memiliki ketergantungan dengan sektor-sektor pariwisata ini. Selain upaya memperkuat, hadirnya pandemi COVID-19 di tanah air tentu tidak boleh dilupakan.

Artinya, penguatan 5 destinasi super prioritas harus sejalan dengan upaya pemerintah menekan laju pertumbuhan COVID-19.

"Saya laporkan pada beliau kami sudah meninjau langsung lokasi-lokasi tersebut di mana kami khususnya konsen masalah pelaksanaan PPKM mikro. Memang untuk bisa memperkenalkan pada masyarakat dalam negeri maupun luar terkait pariwisata kita sudah aman. Salah satunya dengan mengecek bagaimana pelaksanaan penegakan aturan kesehatan yang jadi standar bersama," tegas Kapolri.

Beberapa wilayah yang dikunjungi tim Polri mulai dari Jogja hingga Bali telah memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari masuk wilayah bandara atau jalur darat.

"Termasuk saat masuk hotel dilakukan hal yang sama dan menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang datang. Dengan mempersiapkan hal seperti itu, termasuk manakala didapati reaktif dilakukan pendalaman lebih lanjut, disiapkan tempat isolasi yang nyaman karena di daerah wisata, "

"Kalau kita persiapkan dengan baik, kita yakin bahwa wilayah-wilayah yang jadi destinasi wisata bisa kembali pulih," terang Kapolri.

Senada dengan kapolri, Sandiaga Uno mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran Polri karena telah mendukung program di Kemenparekraf. 

"Sesuai dengan arahan presiden untuk membangkitkan pariwisata dan memulihkan ekonomi kreatif. Selama ini berjalan dengan kolaborasi yang baik dan ada beberapa arahan dari Bapak Presiden yang berkaitan dengan penyiapan lima destinasi super prioritas," kata Sandiaga.

Selain langkah strategis seperti infrastruktur, interkoneksi hingga jaringan, Kemenparekraf juga akan mempersiapkan produk ekonomi kreatif dan kalender of event.

"Seperti kita ketahui 34 juta masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termausk juga penyiapan event," demikian Sandiaga.