Kepala Dinas SDA Dicopot Usai Jakarta Banjir, Wagub DKI: Sesuatu yang Biasa
Prosesi pelantikan pejabat Pemprov DKI, Selasa, 23 Februari (DOK. Humas Pemprov DKI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot Juaini Yusuf dari jabatan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA). Juaini saat ini menjabat Wakil Wali Kota Jakarta Utara. 

Juaini digantikan Yusmada Faisal yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Sekda Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI.

Padahal, saat ini Jakarta sedang dihantui persoalan banjir. Dinas SDA menjadi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang menggaungi program pengendali banjir.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menganggap rotasi jabatan adalah hal yang biasa dilakukan dalam jajaran pemerintahan.

"Pergantian, mutasi, rotasi, apa pun namanya dalam jabatan struktural di DKI Jakarta itu sesuatu yang biasa. Tidak hanya di Pemda, institusi mana pun seperti TNI Polri sekalipun, bahkan di tingkat keluarahan itu biasa," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Februari.

Menurut Riza, pejabat pemerintah harus bisa memahami dan mengerti bahwa dirinya mesti berbakti serta memberikan kontribusi terbaik dalam melakukan pekerjaannya.

"Jadi bukan pilih-pilih jabatan. Di manapun kita diberi kesempatan untuk melaksanakan tugas, laksanakan sebaik mungkin. Begitu juga kalau ada yang diganti, ya diterima," kata Riza.

Hari ini, Anies melantik sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemprov DKI. Dari pelantikan ini, Anies merombak 12 sejumlah pejabat DKI dan satu Kepala Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta.

Dalam pelantikan tersebut, Anies menyebut saat ini Pemprov DKI tengah menghadapi kondisi kerja yang sangat dinamis, terutama dalam masa pandemi serta musim penghujan. Khusus kepada Kepala Dinas SDA yang baru, Anies meminta Yusmada bekerja lebih optimal.

"Kita sama-sama menghadapi musim hujan, khusus kepada Kepala Dinas Sumber Daya Air yang telah ada pengalaman, jika sudah mendapatkan amanat, untuk segera mengorganisir kekuatan kita dalam menanggulangi musim penghujan. Segera pastikan pengelolaan kita di sana berjalan dengan sebaik-baiknya," ungkap Anies.

Berikut adalah 13 pejabat yang dilantik Anies pada hari ini:

1. Julia Leli Kurniatri, sebagai Kepala Kantor Regional V BKN Jakarta

2. Sigit Wijatmoko, sebagai Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta

3.  Afan Adriansyah Idris, sebagai Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta

4. Syaefuloh Hidayat, sebagai Inspektur Provinsi DKI Jakarta

5. Dhany Sukma, sebagai Wali Kota Jakarta Pusat

6. Ali Maulana Hakim, sebagai Wali Kota Jakarta Utara

7. Maria Qibtya, sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta

8. Yusmada Faizal, sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta

9. Premi Lasari, sebagai Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta

10. Chaidir, sebagai Wakil Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta

11. Juaini, sebagai Wakil Wali Kota Jakarta Utara

12. Bayu Meghantara, sebagai Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Provinsi DKI Jakarta

13. lin Mutmainnah, sebagai Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Barat