Bagikan:

JAKARTA - Catherine Middleton, Princess of Wales, direncanakan menjalani perawatan di rumah sakit usai operasi, dan kemungkinan disarankan untuk beristirahat selama beberapa bulan kedepan dari tugas kenegaraan.

Princess of Wales akan menjalani perawatan hingga dua minggu untuk pemulihan di rumah sakit, setelah berhasil menjalani operasi perut.

"Yang Mulia Princess of Wales dirawat di Klinik London kemarin untuk rencana operasi perut," kata Istana Kensington dalam sebuah pernyataan, Rabu, melansir CNN 18 Januari.

Operasinya berhasil dan Catherine, yang dikenal banyak orang sebagai Kate, akan tetap berada di rumah sakit selama 10 hingga 14 hari, kata pernyataan itu.

Tidak jelas untuk apa operasi itu dilakukan, namun sumber kerajaan mengatakan kepada CNN, kondisi itu bukan kanker.

Berdasarkan saran medis saat ini, dia kemungkinan tidak akan kembali menjalankan tugas publik sampai setelah Paskah, tambahnya.

Setelah dipulangkan, Kate diperkirakan akan menjalani pemulihan di rumahnya di Windsor, kata sumber kerajaan.

Dia kemungkinan akan disarankan untuk memulihkan diri selama dua hingga tiga bulan, dan kembalinya dia ke tugas resmi akan bergantung pada saran medis pada saat yang tepat, kata sumber itu.

"Princess of Wales menghargai perhatian yang dihasilkan oleh pernyataan ini. Ia berharap masyarakat memahami keinginannya untuk sebisa mungkin menjaga keadaan normal bagi anak-anaknya; dan keinginannya agar informasi medis pribadinya tetap dirahasiakan," jelas pihak istana, dan berjanji untuk memberikan informasi lebih lanjut jika memungkinkan.

Sumber kerajaan mengatakan, William Prince of Wales akan mendampingi istri dan anak-anaknya selama proses pemulihannya. Ia tidak akan melakukan tugas resmi selama istrinya berada di rumah sakit, dan segera setelah istrinya kembali ke rumah.

Selain itu, William dan Kate diperkirakan tidak akan melakukan perjalanan internasional selama beberapa bulan mendatang, menurut sumber tersebut.

"Princess of Wales ingin meminta maaf kepada semua pihak yang berkepentingan atas fakta bahwa dia harus menunda pertunangannya yang akan datang. Dia berharap dapat mempekerjakan kembali sebanyak mungkin orang, sesegera mungkin," kata pihak istana.

Diketahui, Kate, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-42 pada tanggal 9 Januari, tidak memiliki masalah kesehatan apa pun. Dia dikenal bugar dan sehat.