Bagikan:

JAKARTA - Anggota Kerajaan Inggris Kate Middleton tampil pertama kali ke publik usai mengumumkan dirinya sedang berjuang melawan penyakit kanker, Maret kemarin.

Wanita dengan gelar Putri Wales ini muncul pertama kali di acara Trooping the Colour. Ini merupakan acara parade militer tahunan yang diadakan di pusat kota London untuk menandai ulang tahun Raja Charles.

Sang putri, yang suaminya Pangeran William adalah pewaris takhta, Kate berpakaian serba putih dan berdiri di balkon Istana Buckingham selama proses acara berlangsung.

Dia juga bergabung dengan anak-anaknya – Pangeran George dan Louis serta Putri Charlotte – di dalam kereta selama bagian parade acara tersebut.

Kate mengatakan dia sedang menjalani proses kemoterapi untuk penyakit kanker yang dideritanya. Dan menurut dia, seperti dilansir dari AlJazeera, semakin hari perkembangannya semakin baik.

“Pada hari-hari buruk itu, Anda merasa lemah, lelah dan harus menyerah pada istirahat tubuh Anda. Namun di hari-hari baik, ketika Anda merasa lebih kuat, Anda ingin memanfaatkan perasaan sehat itu sebaik-baiknya.”

Diagnosis kanker

Wanita berusia 42 tahun itu terakhir kali muncul di depan umum pada bulan Desember ketika dia bergabung dengan bangsawan senior lainnya untuk kebaktian tahunan di gereja Hari Natal.

Tiga bulan kemudian, ketika spekulasi berkembang mengenai ketidakhadirannya di hadapan publik, Kate mengumumkan bahwa dia telah didiagnosis menderita kanker setelah operasi perut dan telah memulai kemoterapi preventif.

Istana Kensington menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang jenis kanker atau pengobatannya.

Berbicara kepada Al Jazeera, komentator kerajaan Richard Fitzwilliams mengatakan penampilan publiknya “sangat penting” karena Kate dan anak-anaknya mewakili “masa depan monarki”.

Dia mencatat Raja Charles, 75 tahun, yang juga hadir pada acara hari Sabtu itu, juga sedang berjuang melawan diagnosis kankernya sendiri.