Bagikan:

JAKARTA - Pesawat yang membawa Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dilarang terbang meninggalkan Swiss, akibat mengalami "kegagalan kritis" karena kebocoran oksigen, kata para pejabat.

Sedianya, diplomat tertinggi Amerika itu dijadwalkan kembali dari Swiss ke Amerika Serikat, usai mengikuti rangkaian kegiatan Forum Ekonomi Dunia di Davos, sebelum masalah penerbangan terjadi.

Menteri Luar Negeri dan para pembantunya menaiki pesawat di Zurich pada Hari Rabu dan terpaksa turun setelah kebocoran teridentifikasi.

Dia telah dijadwalkan untuk kembali ke AS dengan menggunakan Boeing 737, menurut laporan media AS.

Penundaan tersebut terjadi di akhir perjalanan Menlu Blinken dan tidak mengganggu rencana perjalanannya ke luar negeri, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller.

"Ada masalah mekanis pada pesawatnya," kata Miller seperti melansir BBC 18 Januari.

“Angkatan Udara sudah mendatangkan pesawat pengganti. Kami diperkirakan akan kembali lagi malam ini, namun beberapa jam lebih lambat dari rencana semula," lanjutnya.

Sebuah pesawat terpisah kemudian dikirim untuk menjemput Menlu Blinken, sementara para pembantunya kembali ke Washington dengan penerbangan komersial.

Diketahui, Menlu Blinken telah mengunjungi banyak negara sejak perang Israel-Gaza pecah pada Bulan Oktober.