Kunjungi Israel Hari Ini, Menlu AS Blinken: Saya Terpukul Menyaksikan Anak-anak Palestina Dikeluarkan dari Reruntuhan
Menlu AS Antony Blinken. (Twitter/@SecBlinken)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akan membahas langkah-langkah yang "dapat dan harus" diambil Israel, untuk meminimalkan korban sipil selama kunjungannya ke Tel Aviv Hari Ini.

"(Kami) akan membicarakan langkah-langkah konkret yang dapat dan harus diambil, untuk meminimalkan kerugian terhadap laki-laki, perempuan dan anak-anak di Gaza, ini adalah komitmen Amerika Serikat," kata Menlu Blinken, melansir CNN 3 November.

Meski tidak merinci lebih jauh, Menlu Blinken menegaskan topik tersebut ada dalam agenda kunjungannya. Departemen Luar Negeri menyebutkan, Menlu Blinken diperkirakan akan bertemu Perdana Menteri Antony Blinken dan para pejabat pemerintah Israel.

"Ketika saya melihat seorang anak Palestina, laki-laki atau perempuan, ditarik dari puing-puing bangunan yang runtuh, hal itu membuat saya sangat terpukul, seperti melihat seorang anak di Israel atau di mana pun. Jadi ini adalah sesuatu yang wajib kami tanggapi dan kami akan melakukannya," urai Menlu Blinken.

Ketika ditanya apakah Israel telah menunjukkan pengendalian serangannya terhadap Gaza, Menlu Blinken tidak memberikan jawaban ya atau tidak, tapi menegaskan kembali Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri, namun "bertanggung jawab untuk melakukan segala kemungkinan untuk melindungi warga sipil."

Diketahui, Menlu Blinken berangkat dari Washington pada Kamis waktu setempat, untuk melakukan perjalanan ke Israel, Yordania, Jepang, Korea Selatan dan India.

"AS bertekad untuk mencegah eskalasi apa pun," ujar sebelum terbang.

Ditambahkan Menlu Blinken, harus ada fokus terhadap apa yang akan terjadi selanjutnya.

"Kita harus melakukan pembicaraan sekarang tentang bagaimana kita dapat menetapkan kondisi terbaik untuk perdamaian yang langgeng, berkelanjutan, keamanan yang langgeng dan berkelanjutan bagi Israel dan Palestina," katanya.