Khofifah Harap Siswa di Jatim Pertahankan Prestasi SNMPTN
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

Bagikan:

SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimis angka kelolosan siswa di Jatim, melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 tetap tinggi. Khofifah berharap prestasi yang diraih siswa Jatim pada tahun 2019 dan 2020 bisa dipertahankan tahun ini. 

"Kita berharap apa yang telah diraih pada 2019 dan 2020 bisa diraih kembali tahun ini. Kepada para siswa agar segera mendaftarkan diri," kata Khofifah, di Surabaya, Senin, 22 Februari.

Karena itu, Khofifah menghimbau agar para siswa memilih perguruan tinggi yang tepat, dan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Dia juga meminta agar para orang tua siswa memberikan motivasi serta pendampingan, dalam proses pendaftaran anak-anaknya untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN. 

"Kepada para kepala sekolah agar dapatnya memfasilitasi dan mengawal proses pendaftaran siswa-siswinya untuk masuk PTN melalui jalur SNPTM ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi, menjelaskan bahwa SMA dan SMK Negeri dan Swasta di Jatim sudah mempersiapkan sejak awal proses pendaftaran SNMPTN 2021 ini. Wahif mengaku juga sudah melakukan sosialisasi kepada siswa dan orang tua, mengenai prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi termasuk pilihan perguruan tinggi dan jurusan yang ada.

Bahkan, kata Aahid, SMA/SMK di Jatim mulai tanggal 4 Januari 2021 lalu telah memfasilitasi siswa-siswinya yang kelas XII, untuk melakukan registrasi pada akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi  (LTMPT), dan dilanjutkan dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

"Jumlah lulusan SMA/SMK/MA/SLB Negeri dan Swasta tahun 2021 di Jatim mencapai sekitar 529.494 siswa. Rinciannya 175.590 siswa SMA, SMK 244.470 siswa, SLB 1.097 siswa, dan Madrasah Aliyah 108.337 siswa," ujarnya.

Wahid mengaku Dinas Pendidikan Jatim juga telah bekerjasama dengan beberapa PTN seperti Universitas Airlangga, dan ITS Surabaya untuk memberikan sosialisasi kepada para kepala sekolah, guru dan siswa tentang proses seleksi masuk PTN tahun ini. Sehingga diharapkan siswa-siswi di Jatim memahami dengan baik proses, prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi.

"Dengan berbagai persiapan dan sosialisasi yang sudah kami lakukan, kami optimis pada tahun 2021 ini Jawa Timur akan kembali meraih predikat sebagai  Provinsi dengan siswa paling banyak lolos PTN melalui jalur SNMPTN," katanya.

Pendaftaran PTN melalui jalur SNMPTN 2021 dibuka mulai 15 hingga 24 Februari 2021. Pendaftaran dilakukan secara online melalui akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 22 Maret 2021 mendatang.

Tahun ini ada 85 PTN di Indonesia siap menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2021, melalui jalur SNMPTN ini, baik universitas, universitas islam, institut dan sekolah tinggi negeri.