Ini 7 Tahapan Sukses Registrasi SNMPTN 2021
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pendaftaran calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 dibuka pada hari ini. Bagi siswa/i kelas 12 SLTA sederajat yang ingin masuk perguruan tinggi bisa mendaftar melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Adapun pendaftaran SNMPTN 2021 akan dibuka pada Senin 15 Februari pukul 15.00 WIB sampai 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Proses registrasi dilakukan melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Untuk mempersiapkan diri menuju pendaftaran, ada beberapa tahapan yang perlu calon mahasiswa perhatikan. Selengkapnya simak di bawah ini, yuk!

1. Siswa melakukan login di Portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi. Pastikan kamu adalah siswa eligible, memiliki akun permanen, dan punya nilai lengkap di PDSS.

2. Siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman PROFIL.Isinya terdiri dari 'Penghasilan Orang Tua' dan 'Jumlah Tanggungan Orang Tua'. 

3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN. Jika memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal. Jika memilih satu, maka PTN pilihan bisa berada di provinsi mana pun. Disarankan tidak lintasminat.

4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisikan.

5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.

6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.

7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Kartu registrasi yang diunduh ini adalah kartu untuk pendaftaran SNMPTN. Kartu registrasi berada pada halaman yang sama dengan 'Finalisasi'. Jadi hanya bisa diunduh saat sudah selesai mendaftar. 

Jika peserta SNPMPTN 2021 ada yang menemukan kendala teknis saat melakukan pendaftaran. LTMPT telah membuka layanan Call center, guna memberikan solusi bagi calon peserta.

"Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id," ujar Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih, dalam keterangannya.