Terawan Hingga Zuhairi Miswari Dikabarkan Jadi Dubes RI, Ini Jawaban Kemenlu
Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (Foto: Irfan Meidianto)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah nama beredar dan disebut sebagai calon duta besar RI. Di antara nama-nama yang ada terdapat nama mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Dia disebut jadi bakal calon duta besar RI untuk Spanyol yang berkedudukan di Madrid.

Selain itu ada juga nama mantan anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 yang juga Komisaris PT Yodya, Zuhairi Misrawi. Dalam daftar itu juga ada nama Muhammad Prakosa sebagai bakal calon duta besar RI di Roma, Italia.

Muhammad Prakosa merupakan politikus PDI Perjuangan yang juga pernah menjadi Menteri Perhatian Kabinet Persatuan Nasional pada 1999-2000 dan Menteri Kehutanan Kabinet Gotong Royong pada 2001-2004.

Nama lainnya, adalah Ketua Kadin Rosan Roeslani. Dia disebut diajukan sebagai bakal calon duta besar RI untuk Amerika Serikat di Washington D.C.

Menanggapi nama-nama yang beredar tersebut, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan belum dapat mengonfirmasi sejumlah nama tersebut. Sebab, dalam prosesnya nama-nama ini memang tak dibuka ke publik.

"Saya tidak bisa konfirmasi," ungkap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah saat dihubungi VOI, Senin, 22 Februari.

Selain itu, dia menilai, identitas para calon ini tidak bisa diungkap untuk menghormati diplomasi dengan negara yang dituju.

"Dalam praktik diplomasi nama-nama calon dubes tidak dibuka ke publik dan lazimnya sampai diperoleh persetujuan dari negara yang dituju untuk calon dubes tersebut," ungkapnya.

Terkait kabar tersebut, VOI juga telah menghubungi Zuhairi Misrawi. Hanya saja, hingga berita ini ditulis dan diterbitkan, dia tak membalas pesan yang disampaikan melalui pesan WhatsApp. Begitu juga dengan eks Menkes Terawan.