Jokowi Lantik 12 Duta Besar LBBP RI, Ada 2 Politikus PDIP
Pelantikan Duta Besar oleh Presiden Jokowi di Istana (Youtube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  melantik 12 Duta Besar RI di Istana Negara. Ada dua politikus PDIP yang ikut dilantik sebagai dubes.

Pelantikan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 139 P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI.

Dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, acara tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Nanik Purwanti membacakan Keputusan Presiden tentang pengangkatan duta besar tersebut.

Setelah dibacakan surat keputusan, Presiden Jokowi kemudian memimpin upacara pengambilan sumpah terhadap belasan duta besar tersebut.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh RI untuk negara-negara sahabat terlebih dulu saya akan bertanya pada saudara-saudara. Bersediakah saudara-saudara diambil sumpah menurut agama masing-masing?" tanya Jokowi sebelum mengambil sumpah.

"Bersedia," kata 12 duta besar tersebut.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melaksanakan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh," dikte Jokowi dan diikuti oleh 12 duta besar.

Dari 12 duta besar yang dilantik tersebut, dua di antaranya adalah politikus PDI Perjuangan yakni Muhammad Prakosa yang menjadi Duta Besar Italia dan Zuhairi Misrawi yang menjabat sebagai Duta Besar Tunisia.

Duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI yang baru dilantik Jokowi adalah sebagai berikut:

1. Dubes LBBP RI untuk Italia, M. Prakosa

2. Dubes LBBP RI untuk Portugal, Rudy Alfonso

3. Dubes LBBP RI untuk Ukraina, Ghafur Akbar Dharmaputra

4. Dubes LBBP RI untuk Polandia, Anita Luhulima

5. Dubes LBBP RI untuk Kroasia, Suwartini Wirta

6. Dubes LBBP RI untuk India, Ina Krisnamurti

7. Dubes LBBP RI untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak

8. Dubes LBBP RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi

9. Dubes LBBP RI untuk Austria, Damos Agusman

10. Dubes LBBP RI untuk Bangladesh, Heru Subolo

11. Dubes LBBP RI untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto

12. Dubes LBBP RI untuk Tanzania, Triyogo Jatmiko.