Bagikan:

JAKARTA - Paris, Prancis kembali dinobatkan sebagai destinasi kota paling menarik di dunia 2023, sementara Istanbul Turki menjadi yang paling banyak dikunjungi, menurut laporan tahunan perusahaan riset pasar global Euromonitor International.

Indeks 100 Destinasi Kota Teratas tahun 2023, yang disusun dalam kemitraan dengan perusahaan data Lighthouse, mengamati kota-kota terkemuka di seluruh dunia dan memeringkatnya berdasarkan kriteria termasuk pariwisata, keberlanjutan, kinerja ekonomi, serta kesehatan dan keselamatan.

Eropa menduduki peringkat teratas, dengan tujuh dari 10 kota teratas dan 63 negara masuk dalam 100 teratas. Sedangkan tiga kota lainnya yang melengkapi daftar 10 besar yakni, Dubai, UEA (2), Tokyo, Jepang (4) dan New York, Amerika Serikat (8).

Madrid berada di urutan ketiga, sementara Amsterdam, Berlin dan Roma masing-masing berada di peringkat 5, 6 dan 7. Barcelona dan kemudian London melengkapi daftar 10 besar.

Adapun destinasi di Asia lainnya di posisi 20 besar yakni, Singapura (11), Seoul (14), Osaka (16) dan Hong Kong (17).

Laporan tersebut mengaitkan kesuksesan Eropa dengan “percepatan urbanisasi dan adopsi teknologi yang meluas.” Wisatawan kini menginginkan internet berkecepatan tinggi, opsi pemesanan fleksibel, dan ruang untuk bekerja jarak jauh.

Euromonitor International mengatakan, "Meningkatkan keberlanjutan, jaringan transportasi dan dampak sosial adalah beberapa tujuan utama yang diadopsi oleh kota-kota saat ini untuk meningkatkan daya saing, meningkatkan penawaran pariwisata, dan memberikan perjalanan pelanggan yang lancar," dikutip dari CNN 27 Desember.

Tokyo masuk dalam peringkat 10 besar untuk pertama kalinya, yang menurut laporan tersebut disebabkan oleh peningkatan infrastruktur pariwisata, pelonggaran peraturan terkait Covid-19 dan melemahnya yen – yang menawarkan nilai uang yang sangat besar bagi pengunjung internasional.

Terbanyak Dikunjungi

istanbul
Istanbul, Turki. (Wikimedia Commons/Pedro Szekely)

Sementara itu, ada empat pendatang baru yang masuk dalam 100 besar, yang semuanya bisa membanggakan peningkatan kinerja pariwisata tahun ini: Washington D.C (48), Montreal (68), Santiago (88) dan Vilnius (92).

Diketahui, perjalanan internasional terus mengalami pemulihan yang kuat, dengan jumlah perjalanan diproyeksikan mencapai 1,3 miliar pada akhir tahun 2023, menghasilkan sekitar 1,7 triliun dolar AS dalam belanja pariwisata global.

Istanbul menduduki puncak daftar jumlah kedatangan internasional pada tahun 2023, diikuti oleh London dan kemudian Dubai. Kota-kota dengan pertumbuhan tahunan terbesar adalah Hong Kong (2,495%) dan Bangkok (142%), karena merupakan kota terakhir yang dibuka kembali setelah pandemi Covid-19.

Namun, peningkatan jumlah pengunjung dapat memberikan dampak yang beragam, dan dapat memberikan dampak negatif terhadap komunitas lokal dan lingkungan. Nadejda Popova, manajer senior di Euromonitor International, dalam sebuah pernyataan menyoroti cara kota-kota menghadapi tantangan overtourism.

"Beberapa destinasi memberlakukan pembatasan, pajak yang tinggi, atau pengurangan kapasitas hotel untuk membantu membatasi masuknya wisatawan dan melestarikan warisan budaya, sementara yang lain menerapkan strategi penyebaran yang mempromosikan destinasi alternatif atau terpencil," jelasnya.

Ia memperkirakan, kenaikan biaya hidup, fluktuasi inflasi, dan volatilitas geopolitik akan menjadi hambatan terbesar bagi pertumbuhan pariwisata pada tahun 2024 dan 2025.

Konsumen akan mencari tawaran perjalanan yang bernilai baik dan banyak yang akan memilih liburan yang sesuai dengan kebutuhan mereka serta lebih dekat ke rumah.

20 Besar Indeks 100 Destinasi Kota Teratas Euromonitor 2023:

1. Paris, Prancis

2. Dubai, Uni Emirat Arab

3. Madrid, Spanyol

4. Tokyo, Jepang

5. Amsterdam, Belanda

6. Berlin, Jerman

7. Roma, Italia

8. New York, Amerika Serikat

9. Barcelona, Spanyol

10. London, Inggris

11. Singapore

12. Munich, Jerman

13. Milan, Italia

14. Seoul, Korea Selatan

15. Dublin, Irlandia

16. Osaka, Jepang

17. Hong Kong

18. Vienna, Austria

19. Los Angeles, Amerika Serikat

20. Lisbon, Portugal